PENERAPAN MEDIA BONEKA TEMA KEINDAHAN UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • AULIYA HANI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi pelaksanaan kegiatan pembelajaran tematik yang masih berpusat pada guru, media belum disediakan secara maksimal oleh guru. Solusi untuk permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan media boneka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media boneka pada pembelajaran tematik dengan tema keindahan. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Tlanak III Kedungpring Lamongan yang terdiri dari 26 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu melalui pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar mengalami peningkatan di setiap siklusnya dan memenuhi indikator keberhasilan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media boneka dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas II SDN Tlanak III Kedungpring Lamongan.

Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Media Boneka, Hasil Belajar

 

Abstract: The backgrounds of this study were the implementation of thematic learning activities are still centered on teacher, the media had not maximally provided by the teacher. The solution for these problems was by using Puppets Media. The purpose of this study was to determine the improvement of students’ learning results using Puppets Media on thematic learning with the theme of beauty. The subjects of this study were the students of class II of State Elementary School Tlanak III Kedungpring Lamongan consisting of 26 students. This research used Classroom Action Research as the design. The type of research used is descriptive qualitative approach and quantitative. The researcher used observation, test, and field note. The results showed that the teacher’s and students’ activities as well as learning result had increased in each cycle and met the indicators of succeed. From those results, we could be concluded that the used of puppets media can improve the result of students’ learning on  thematic learning class II State Elementary School Tlanak III Kedungpring Lamongan.

Keyword : Thematic Learning, Puppets Media, Learning Results.

Published
2013-06-11
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 17