PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR INDUKTIF MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA SD

  • DYAH RETNA SARI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berawal dari rendahnya keterampilan berpikir induktif siswa yang peneliti temukan saat melakukan pengamatan. Pelaksanaan penelitian ini memiliki 5 tujuan diantaranya yaitu untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, mendeskripsikan keterampilan berpikir induktif siswa, mendeskripsikan hasil belajar siswa dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berpikir induktif utamanya pada pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian sebanyak 2 siklus dengan tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan angket. Data penelitian dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada Siklus I sebesar 64% meningkat menjadi 89% pada Siklus II, aktivitas siswa pada Siklus I sebesar 69% meningkat menjadi 84% pada Siklus II, keterampilan berpikir induktif siswa pada Siklus I sebesar 56% meningkat menjadi 77% pada Siklus II, hasil belajar siswa pada Siklus I sebesar 51,28 meningkat menjadi 76,92 pada Siklus II, dan peningkatan juga terjadi pada respon siswa yang pada Siklus I sebesar 69% meningkat menjadi 84% pada Siklus II. Dari data hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model berpikir induktif siswa dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar dan utamanya yaitu keterampilan berpikir induktif siswa. Sehingga guru dapat menerapkan model pembelajaran berpikir induktif ini untuk dapat meningkatkan keterampilan berpikir induktif siswa. Dengan demikian dapat tercipta pembelajaran yang bermakna bagi siswa.

Kata kunci : Keterampilan berpikir induktif, model pembelajaran berpikir induktif, pembelajaran IPA

 

Abstract: The basic of this observation is the low condition of the students inductive thingking ability that the researcher found when did observation. The implementation of this observation has 5 purposes, some of them are to describe the teacher’s and student’s activity during teaching learning process, describe the student’s inductive thingking ability, describe the result of the student’s learning and describe the student’s responses on the teaching learning process that apply inductive thingking learning model especially in the science’s subject. This observation used class action observation program. The researcher did observation using 2 cycles with steps of each cycles that are : planning, action, observation, and reflection. The subjects and location of this observation are 39 students of Lidah Wetan II/462 State Elementary School of Surabaya. The data gathered with observation, test, and questionnaire. The data of this observation analyzed using qualitative descriptive. The result shows that the teacher’s activity in the first cycle is 64% became 89% in the second cycle, the student’s activity in the first cycle is 69% become 84% in the second cycle, the student’s inductive thingking ability in the first cycle is 56% become 77% in the second cycle, the result of the student’s learning in the first cycle is 51,28 become 76,92 in the second cycle, and the increasing also happen for the student’s responses that in the first cycle is 69% become 84% in the second cycle. From these data, it can be conclude that the implementation of the student’s inductive thinking model can increase the teaching learning activities, the result of teaching learning activities and especially that the student’s inductive thingking ability will improve more. So the teachers can apply inductive thingking in the teaching learning model to increase the student’s inductive thingking ability. That can produce teaching learning process that usefull for students.

Key word : Inductive thingking ability, inductive thinking model, Science Learning.


 

Published
2013-06-11
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 54