PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING (PENGAJUAN MASALAH) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • ERA BUDI WALUYO JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji aktivitas guru, siswa, kemampuan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dan lokasi penelitian ini adalah siswa SDN Lidah Wetan IV/566 Surabaya yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, tes kemampuan berpikir kreatif siswa, dan tes hasil belajar siswa.Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa aktivitas guru, siswa, kemampuan berpikir kreatif siswa, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan selama dua siklus dengan masing-masing  prosentase ketuntasan. Pendekatan pembelajaran problem Posing (pengajuan masalah) layak untuk diterapkan oleh guru.

Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Pendekatan problem posing, Kemampuan berpikir kreatif.

 

 

 

Abstract: The purpose of this research  was to assess the activity of teachers, students, student’s creative thinking skill and student’s result study. Researcher used Classroom Action Research (CAR)  methods. the subjects And the location of  research was students of  SDN Lidah Wetan IV/566 Surabaya, amounting to 34  students. The instrument used in this research consisted of  sheet of observation teachers activities, sheets of observation of student activities, creative thinking skill’s test and result studies test.Technical data analysis used descriptive qualitative. The results showed that the activity of teachers, students, creative thinking skills, and the student’s result study has increased significantly during two cycles with their respective percentage of completeness.Problem posing approach is worthy to be applied by the teacher.

Keywords: Natural science,  Problem posing approach,creative thinking skill.

Published
2013-06-11
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 27