MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGURANGAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA WAJAH LUCU DARI FLANEL DI SEKOLAH DASAR

  • HIDAYAH WIDYANINGRUM JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berawal dari observasi yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran Matematika di SDN Rengel 02 Tuban. Dalam proses pembelajaran pengurangan bilangan bulat, guru belum memanfaatkan media pembelajaran sebagai sumber belajar. Guru hanya memberikan rumus/konsep yang harus dihafal siswa tanpa melibatkan siswa secara aktif dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Matematika dengan menggunakan media wajah lucu dari flannel. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media wajah lucu dari flanel dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus I sebesar 60%, siklus II sebesar 76,63%. Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru pada siklus I dengan presentase 74,38% dan pada siklus II 80,63%, serta adanya peningkatan aktivitas siswa pada siklus I dengan presentase 69,63% dan siklus II dengan presentase 78%.

Kata Kunci: hasil belajar, pengurangan bilangan bulat, media.

 

Abstract: This rersearch begin from the observation that done by researcher to math learning on SDN Rengel 02 Tuban. On integer substraction learning process, teacher still have not applying learning media as a learning source. Teachers only gives formula/concept that must be memorized by student without involving student actively to understand those formula/concept by applying appropriate learning media. The aim of this research is to describe teacher activity, student activity and student learning result to math learning through the application of flannel funny face media. This research applying class action research. Data collecting technique that used are observation and test. Data that have collected will be analyzed by applying descriptive quantitative analysis technique. Research result show that by applying flannel funny face media it can improve student learning result with classical completeness that obtained on first cycle as big as 60%, second cycle as big as 76.63%. Beside, from the research result it also show that there is an improvement on teacher activity on first cycle with percentage as big as 74.38% and on second cycle 80.63%, also improvement on student activity on first cycle with percentage as big as 69.63% and second cycle with percentage 78%.

Keywords : learning result, integer substraction, media.

Published
2013-06-12
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 66