MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KESEBANGUNAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONGKAR PASANG BANGUN DATAR DI SEKOLAH DASAR.

  • INTAN MASRUROH JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pada pembelajaran matematika khususnya materi kesebanguanan di sekolah dasar guru tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah karena siswa tidak dapat memahami materi dengan baik.  Matematika adalah pelajaran yang bersifat abstrak dan bagi siswa SD yang masih dalam tahap operasional konkret membutuhkan benda konkret untuk dapat memahami materi tersebut. Berdasarkan masalah di atas, dibuatlah solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan media bongkar pasang bangun datar. Media bongkar pasang bangun datar adalah media yang terbuat dari kertas duplek. Media ini terdiri dari beberapa bangun datar yang dapat disusun menjadi satu bangun datar yang utuh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas aktifitas guru, aktifitas siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 aktifitas guru memperoleh persentase 68.74 %, aktifitas siswa memperoleh persentase 62 %, dan hasil belajar memperoleh persentase 17.08 %. Sedangkan pada siklus 2 aktifitas guru memperoleh persentase 90.74 %, aktifitas siswa memperoleh persentase 84 %, dan hasil belajar siswa memperoleh persentase 97.5 %. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah  penggunaan media bongkar pasang bangun datar pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar.

Kata Kunci: hasil belajar, kesebangunan, media

 

Abstract: On mathematics learning especially materials congruency up flat in the elementary school teachers not use the media in the learning process. This resulted in low student achievement because students can not understand the material well. Math is a subject that is both abstract and for elementary students who are still in the concrete operational stage requires concrete objects to understand the material. Based on the above problem, they invented a solution to overcome these problems by using a apart pairs up flat media. Apart pairs up flat media made ​​of duplex paper. Media consists of several flat wake that can be assembled into a single up the whole flat. This research uses descriptive quantitative method. The purpose of this research is to improve the quality of teacher activity, student activity and student learning outcomes. The results showed that in the first cycle of activities for teachers to get the percentage of 68.74%, the percentage of student activity gained 62%, and the percentage of the learning outcomes obtained 17.08%. While on cycle 2 activities for teachers to get the percentage of 90.74%, the percentage of student activity gained 84%, and the percentage of student learningoutcomes gained 97.5%. Conclusions drawn from this study was the use of media apart pairs up flat on mathematics learning can improve learning outcomes of students in primary schools.

Keywords:. learning outcomes, congruency, media

Published
2013-06-13
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 78