PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN KLANTINGSARI I TARIK SIDOARJO

  • KHUSNUL MASLUKHAH JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi di SDN Sidoarjo khususnya di kelas V, menunjukkan bahwa kegiatan dalam proses pembelajaran masih didominasi oleh ceramah guru, belum melaksanakan pembelajaran PAKEM. Selain itu, siswa hanya diperintahkan untuk membaca buku materi saja, tanpa ada bantuan alat pembelajaran atau media yang digunakan dalam menyampaikan materi ajar. Hal ini mengakibatkan kurang maksimalnya hasil belajar yang dicapai siswa. Sehingga pada penelitian ini, peneliti memilih salah satu media yang membantu efektivitas proses pembelajaran dan membangkitkan motivasi belajar siswa. Tujuan yang dicapai adalah, mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama berlangsungnya proses pembelajaran IPS dengan menggunakan media puzzle, serta mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam penggunaan media puzzle. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk memperoleh data melalui metode observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalis dan disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I sebesar  67,64 (58,82%), siklus II sebesar 75,29 (70,59%), dan siklus III sebesar 85,00 (88,24%). Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, afektif siswa, dan psikomotor siswa. Dapat disimpulkan bahwa materi perjuangan para tokoh melawan penjajahan dapat diajarkan dengan menggunakan media puzzle karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran

Kata kunci: Media Puzzle, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.

 

Abstract: Based on observations in SDN Sidoarjo especially in the fifth grade, showed that activity in the learning process is still dominated by teacher talk, not to carry out active and creative learning. In addition, students were simply told to read the book material alone, without any help learning tool or media used in delivering teaching materials. This resulted in less maximum learning outcomes achieved by students. So in this study, researchers selected one of the media who helped raise the effectiveness of the learning process and student motivation. Is an achievable goal, describing the activities of teachers and students during the learning process by using the media puzzle IPS as well as describe the learning outcomes of students in the use of media puzzle. This study uses data analysis techniques with qualitative and quantitative approaches to obtaining data through observation and testing methods. The data obtained were analyzed and presented in the form of qualitative and quantitative descriptive. The experiment was conducted in three cycles. The results showed that by using the media puzzle can improve student learning outcomes with the average values ​​obtained in the first cycle of 67.64 (58.82%), the second cycle of 75.29 (70.59%), and the third cycle amounted to 85.00 (88.24%). In addition, the results of the study also showed an increase in activity of teachers, student activities, student affective, and psychomotor students. It can be concluded that the material struggle against colonial leaders can be taught by using the media puzzle because it can improve student learning outcomes in learning.

Keywords: Media Puzzle, learning outcomes, Social Science.


 

Published
2013-06-13
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 53