PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

  • LAILATUL MAGHFIROH JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Dalam rangka meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III pada tema pekerjaan dilakukan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan yang ingin dicapai oleh observer adalah meningkatkan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung, meningkatkan hasil belajar IPS siswa setelah menggunakan media flashcard dan mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, refleksi. Pemgumpulan data dibantu oleh dua orang pengamat yaitu guru kelas III dan teman sejawat dengan menggunakan lembar aktivitas guru dan siswa, lembar penilaian untuk siswa. Data ini didapatkan melalui hasil observasi kelas dan hasil belajar IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 13,3% dari 76,3%  pada siklus I menjadi 89,6%  pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 12,5% dari 76,8% pada siklus I menjadi 89,3% pada siklus II.sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 24,3% yaitu dari 69,6% pada siklus I menjadi 93,9%  pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard pada dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III di SDN Denanyar II Jombang

Kata kunci : Media Flashcard, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar

 

Abstract

To increase students result in Social science of the third grade student in Profession theme, the teacher do Clasroom Action Research. The goal of this observation is to improve the teacher and studets activities during the learning process, to increase students score on social science result by using flashcard media and to describe the obstacles during the learning process. This research is divided into two cycle by using descriptive qualitative and quantitative in the technical analysis. It is done in three steps. They are planning, doing and observation, and reflection. The data is collected by the researcher and helped by two observers. The observers are the third grade teacher and other teacher in the same school by filling the student and teacher activity’s form, assessment form for student. The data is collected from the result of the observation in the class and the score of Social  science result. The result of the research shows that the activity of the teacher increases 13,3% from 76,3% in the first cycle become 89,6 in the second cycle. Wrile the activity of students increases 12,5% from 76,8% in the first cycle become 89,3% in the second cycle. In other side the students classical competence result 24,3% from 69,6  in the first cycle become 93,9% in the second cycle. From the research, it can be concluded that the using of flashcard can increase the student Social science result in the third grade student of Denanyar II Jombang state elemantary school.

Keyword: Flashcard Media, Thematic Learning, Learning Result

 

Published
2013-06-13
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 465