PENERAPAN PENDEKATAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN GRESIK

  • LIA HERYATI PUTRI UTAMI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi di SDN Gresik khususnya di kelas IV, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran masih berorientasi pada guru (teacher centered). Selain itu, siswa hanya diperintahkan untuk membaca buku materi saja, tanpa ada bantuan media atau alat pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi ajar. Serta apabila terdapat siswa yang mendapatkan nilai di bawah standar kriteria ketuntasan minimum (KKM), guru tidak memberikan bantuan kepada siswa yang bersangkutan untuk memperbaikinya. Hal ini mengakibatkan kurang maksimalnya hasil belajar yang dicapai siswa. Tujuan yang dicapai adalah  mendeskripsikan efektifitas penerapan pendekatan mastery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa, mendeskripsikan aktivitas siswa dan guru selama berlangsungnya proses pembelajaran IPS dengan menerapkan pendekatan mastery learning, serta mendeskripsikan kendala yang dihadapi siswa saat berlangsungnya pembelajaran dengan menggunakan pendekatan mastery learning dan mendeskripsikan cara untuk memecahkan kendala yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan mastery learning. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berpendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk memperoleh data melalui metode observasi, tes, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalis dan disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunkan pendekatan mastery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I sebesar  73 (65%), siklus II sebesar 77,9 (82,5%), dan siklus III sebesar 89,56 (94,44%). Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, afektif siswa, dan psikomotor siswa. Dapat disimpulkan bahwa materi perkembangan teknologi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunkannya dapat diajarkan dengan pendekatan mastery learning karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.

Kata kunci: Mastery Learning, Hasil belajar, Pembelajaran IPS

 

 

Abstract: Based on the results of observations on state elementary school of Gresik, especially in fourth grade student, indicating that the learning process is still oriented to the teacher (teacher centered). In addition, students are simply told to read the book material, without any help of learning tool that is used in conveying teaching materials. And if there are students who get score below minimum completeness criteria standards (KKM), teachers do not provide assistance to students involved to fix it. These resulted less maximal student learning outcomes are achieved. The objective achieved are, describing the effectiveness of mastery learning approach to improving student learning outcomes, describing the activities of students and teachers during the social studies process with implementing mastery learning approach, and describe the constraints faced by students during learning using a mastery learning approach and describe how to solve problems faced by students in learning with mastery learning approach. This study uses data analysis techniques using both qualitative and quantitative approaches to obtain data through observation methods, tests, and interviews. The data obtained analyzed and presented in the form of qualitative and quantitative descriptive. The experiment was conducted in three cycles. The results showed that by using mastery learning approach can improve student learning outcomes with the average value obtained in the first cycle amounted to 73 (65%), second cycle at 77,9 (82,5%), and the third cycle amounted to 81,31 (92,5%). In addition, the results also showed an improvement in teacher activity, student activity, student affective, and psychomotor students. It can be concluded that the material development of technology, communications, and transportation and the experience of using it can be taught by mastery learning approach because it can improve student learning outcomes in learning.

Keywords: Mastery Learning Approach, Results of Learning, Social Studies

Published
2013-06-13
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 32