PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • MEILIA FRISTONI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berlatang belakang karena kegiatan belajar mengajar guru dikatakan sebagai proses pembelajaran yang kurang baik. Guru menjadi single actor yang mendominasi pembicaraan dalam proses pembelajaran, guru tidak melibatkan siswa di kelas tersebut aktif, pembelajarannya tidak dibentuk kelompok sehingga pembelajarannya tidak menyenangkan, guru tidak memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Diduga karena adanya beberapa faktor penyebab. Salah satunya adalah pemanfaatan media. Oleh karena, solusi yang sesuai untuk memperbaiki masalah tentang proses pembelajaran dengan menggunakan media papan flanel. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan papan flanel, Mendeskripsikan hasil belajar afektif siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan papan flanel. Mendeskripsikan respon siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan papan flanel. Pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan tema “Keluarga” dengan materi pelajaran IPS dan Matematika. Pembelajaran tematik merupakan suatu pembelajaran terpadu yang  menggabungkan beberapa mata pelajaran  dalam satu tema menjadi satu kesatuan yang utuh untuk memberikan pengalaman yang bermakna pada anak.Sedangkan penggunaan media papan flanel dalam pembelajaran akan lebih efektif dan bermakna karena siswa dapat menggunakan media secara konkret dan langsung. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Adapun Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SDN Semambung NO.296 Sidoarjo dengan jumlah siswa 41 anak. Pengumpulan data dengan menggunakan non tes, observasi dan angket. Dalam proses pembelajaran tematik mengalami peningkatan pada aktivitas guru dengan porsentase siklus I 69,4% dan pada siklus II 84,52%.Sedangkan aktivitas siswa dengan porsentase siklus I 68,37% dan pada siklus II 83,84%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengggunaan media papan flanel dengan tema Keluarga dapat meningkatkan proses pembelajran tematik kelas 2 SDN Semambung No.296 Sidoarjo.

Kata kunci: Tematik, Media papan flanel, proses .

Abstract: This research background due to teacher teaching and learning activity which is said to dissatisfactory learning process. Teacher becomes single actors who dominate discussion on learning process, teacher also have not involve student actively at class, the learning it’s not formed collectively so that lack of fun, and they also do not give direct learning to student. It’s expected that there are several causing factor. One of the causes is the media utilization. Therefore, solution which appropriate to fix the problem concerning learning process is by utilizes flannel board media. The aim of this research is to describe teacher and student activities on thematic learning by using flannel board media, describe student’s affective learning result on thematic learning by flannel board media. Learning that done by using “family” theme, social science and math learning matters.Thematic learning is an integrated learning that combine several subjects into one theme to become one whole unit to give meaningful experience for students. While the utilization of flannel board media on learning will be more effective and meaningful since student able to use the media concretely and directly. Method that used is thematic learning on direct learning setting and cooperative learning.

The research design using class action research (PTK), and the type of research is descriptive qualitative. Subject in this research are teacher and student of SDN Semambung No. 296 Sidoarjo with the amount of student is 41 students. Data collection using non test method, observation and questioner. On thematic learning process experience improvement on teacher activity with percentage on first cycle 69.4%, and on the second cycle as big as 84.52%. While student activit.on first cycle with percentage  as 68.37% and on the second cycle is 83.84%. From those results, it can be conclude that the utilization of flannel board media with family theme is able to improve thematic learning process on second grade student of SDN Semambung No. 296 Sidoarjo.

Keywords: thematic, flannel board media, process.

Published
2013-06-14
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 999