PENINGKATAN HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MEDIA BANGUN RUANG MULTIWARNA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • NUR FADILAH JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak :Salah satu ruang lingkup matematika adalah geometri. Bangun ruang merupakan bagian dari geometri yang dipelajari di sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi, pada pembelajaran bangun ruang di sekolah dasar masih didominasi oleh guru, sehingga siswa hanya bersifat pasif dan tidak dapat membangun sendiri konsep yang sedang dipelajari. Hal ini menyebabkan pemahaman siswa kurang dan hasil belajarnya rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sifat-sifat bangun ruang dengan menggunakan media bangun ruang multiwarna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan yang signifikan. Media bangun ruang multiwarna layak digunakan dalam pembelajaran  matematika.

Kata Kunci: hasil belajar, sifat-sifat bangun ruang, media bangun ruang multiwarna

 

 

Abstract: One of the scope of mathematics is geometry. Three dimension space  is part of the geometry which learned in elementary school. Based on observations results, in the three dimension space  learning in elementary school is still dominated by the teachers, so that students were passive and can not build their own concept being studied. This leads to lack of students understanding and learning outcomes is low. The purpose of this study was to describe the activity of teachers, student activities, and students learning outcomes of three dimension space  characteristics using multicolored three dimension space  media. learning outcomes. This study used classroom action research design (CAR). Data collection techniques used were observation and tests. Technical data analysis used descriptive quantitative. The results showed that the activity of  teacher, student activities, and students learning outcomes in mathematics learning has increased significantly. Multicolored three dimension spase media is worthy to be used for mathematics learning.

Keywords: learning outcomes, three dimension space characteristics, multicolored  three  dimension space media

 

 

Published
2013-06-26
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 415