PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SISWA SEKOLAH DASAR

  • NURUL HAYATI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan  pelaksanaan pembelajaran dalam menggunakan media gambar berseri, (2) Mendeskripsikan hasil belajar menulis narasi siswa, (3) Mendeskripsikan kendala yang muncul dan cara mengatasinya dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IVA SDN Sidotopo VIII/55 Surabaya. Rancangan  penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya melalui tiga tahapan yang sama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan, serta refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis secara diskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan persentase keterlaksanaan dalam aktivitas pembelajaran di siklus I mencapai 90% pada pertemuan 1 dan 93% pada pertemuan 2. Sedangkan siklus II mencapai 100% pada pertemuan 1 dan 100% pada pertemuan 2. Rata-rata nilai ketercapaian aktivitas pembelajaran juga mengalami peningkatan dari nilai 68 pada pertemuan 1 dan nilai 74 pada pertemuan 2 siklus I menjadi nilai 84 pada pertemuan 1 dan nilai 89 pada pertemuan 2 siklus II. Ketuntasan belajar siswa sebesar 78% pada siklus I  meningkat menjadi 94% pada siklus II. Persentase tersebut menunjukkan hasil yang dicapai sudah melebihi standar ketuntasan yang telah ditetapkan sebesar 80%. Kendala yang dihadapi adalah (1) Siswa mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, (2) Guru terlalu aktif berjalan sehingga membuat siswa bingung. Cara mengatasi dengan berusaha memenuhi rasa ingin tahu tersebut dan bergerak sesuai dengan kebutuhan agar pembelajaran berlangsung sesuai alokasi waktu. Kesimpulannya penggunaan media gambar berseri dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa SDN Sidotopo VIII/55 Surabaya.

 

Kata kunci: media gambar berseri, keterampilan menulis narasi.

Abstract: This study aimed (1) to describe the implementation of learning in the glow image using the media, (2) to describe the narrative writing student learning outcomes, (3) to describe the obstacles that arise and how to overcome them in the implementation of learning using media images beamed to improve students' narrative writing skills class IVA SDN Sidotopo VIII/55 Surabaya. The design of this study is action research. Classroom action research was conducted in two cycles. Each cycle through the same three phases, including planning, execution, and observation, and reflection. Data were collected by using observation, testing, and field notes. Furthermore, the data were analyzed by descriptive quantitative and qualitative. The results show the percentage of enforceability in the learning activity in the first cycle was 90% at 1 and 93% meeting at the meeting 2. While the second cycle reached 100% at the meeting 1 and 100% at the meeting 2. The average value of the achievement of the learning activity also increased from 68 at the confluence of the value 1 and the value of 74 in the second meeting of the first cycle to the value of 84 in the first meeting and the value of 89 in the second meeting of the second cycle. Mastery learning students by 78% in the first cycle increased to 94% in the second cycle. The percentages indicate the outcome has exceeded a predetermined standard completeness of 80%. Obstacles encountered are (1) Students have a high curiosity, (2) Teachers are actively running so as to make the students confused. How to cope by trying to satisfy the curiosity and move as needed so that learning takes appropriate allocation of time. In conclusion the use of serial images media can be used to enhance the students' narrative writing skills SDN Sidotopo VIII/55 Surabaya.

Keywords: serial media images, narrative writing skills.

Published
2013-07-01
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 22