PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN TEMA TANAMAN DAN BINATANG DI SEKOLAH DASAR

  • RATNA AYU DWI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pembelajaran yang berlangsung di kelas IIA SDN Manukan Kulon Tandes Surabaya masih menggunakan cara lama yaitu ceramah dan latihan soal. Guru juga masih kesulitan dalam menerapkan pembelajaran tematik di kelas. Selain itu guru belum menggunakan suatu media yang bisa menarik perhatian siswa. Proses belajar yang berlangsung membosankan menyebabkan siswa tidak konsentrasi belajar. Pada akhirnya proses belajar yang masih memerlukan perbaikan ini dibuktikan dengan belum tercapainya KKM oleh sebagian siswa. Oleh karena itu, untuk meningkatkan proses belajar yang ada di kelas IIA peneliti menerapkan pembelajaran tematik dengan menggunakan media gambar. Pembelajaran tematik dipilih karena sesuai dengan cara pandang siswa yang memandang segala sesuatu sebagai satu kesatuan. Selain itu, siswa juga masih berada pada taraf berpikir konkret. Media gambar dipilih karena gambar dapat menerjemahkan ide-ide abstrak menjadi lebih konkret. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses belajar siswa dalam mendeskripsikan tumbuhan atau binatang serta perkalian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan matematika Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IIA SDN Manukan Kulon Tandes Surabaya yang berjumlah 38 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas  yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melaui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, tes, angket motivasi dan catatan lapangan. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 16%  dari 78% pada siklus I menjadi 94% pada siklus II. Aktivitas siswa mengalami peningkatan 19% yaitu dari 74% pada siklus I menjadi 93% pada siklus II. Motivasi siwa mengalami peningkatan sebesar 20% yaitu dari 79% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II. Hasil tes Bahasa Indonesia pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 81 dengan ketuntasan klasikal 71% dan pada siklus II nilai rata-rata 90 dengan ketuntasan klasikal mencapai 92%. Sementara hasil tes matematika pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 82 dengan ketuntasan secara klasikal mencapai  74% pada siklus I dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 89 dengan  ketuntasan klasikal mencapai 95%. Serta kendala-kendala yang dialami pada siklus I dapat diatasi dengan  baik pada siklus II.

Kata kunci: media, gambar, proses

Abstract : Teaching learning process in class IIA SDN Manukan Kulon Tandes Surabaya still used conventional ways which was lecturing and exercises. The teachers also still faced difficulties to implement thematic teaching learning in the class. Besides, teachers had not used teaching aids which can attract student’s attention. A boring teaching learning process caused students do not concentration in learning. In a result, teaching learning process still needs improvement, it is approved with the students had not achieved minimum standard yet. Because of that, to enhance teaching learning process in class IIA, the researcher implemented thematic teaching learning using picture media. This is chosen because of the appropriateness with the student’s perspective whose vision is a unity. Moreover, students also still on the concrete perspective. Picture media was chosen because pictures can translate abstract ideas become more concrete. This research aim is enhancing students’ learning process in describing plants or animals, also crossing in the subject of Bahasa Indonesia and mathematics. The research objects were students class IIA SDN Manukan Kulon Tandes Surabaya in a number of 38. The kind of research was used is classroom action research which contains of two cycles. Every cycle was conduct through four stages: planning, action, observation and reflection. The data taken from teacher activity, student activity, test, motivation questionnaire,  and field note. The data then analys with qualitative and quantitative descriptive analysis. Research result showed that percentage of teacher’s activities increase in a number of 16% from 78% in the cycle I become 94% in the cycle II. Students’ activities also increase 19% from 74% in the cycle I become 93% in the cycle II. Student’s motivation increase 20% from 79% in the cycle I become 89% in the cycle II. Test result of Bahasa Indonesia Subject in the cycle I get the mean 81 with the complete classical of 71% and in the cycle II the mean is 90 with the complete classical of 92%. Meanwhile, mathematics test result the cycle I get mean 82 with the complete classical achieve the number of 74% in the cycle I and mean of cycle II is 89 with the complete classical of 95%. Also every constraint that happen in cycle I can be solved well in cycle II.

Key words: media,  picture, process.


Published
2013-07-01
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 22