PENERAPAN STRATEGI DIRECTED LISTENING AND THINKING ACTIVITY (DLTA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • RIZKA NUR OKTAVIANI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Keterampilan menyimak merupakan salah satu keterampilan  yang sangat dibutuhkan, karena banyak informasi yang diperoleh dari proses menyimak. Salah satu jenis menyimak di  sekolah dasar  adalah menyimak cerita. Berdasarkan hasil pengamatan, menunjukkan bahwa keterampilan menyimak cerita  pada siswa kelas V Sekolah dasar Surabaya masih rendah. Penyebab permasalahan tersebut, yaitu strategi yang digunakan guru belum tepat. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan strategi DLTA untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita, hasil belajar keterampilan menyimak cerita, dan kendala-kendala yang terjadi pada saat pembelajaran menyimak cerita. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, tes menyimak cerita, dan catatan lapangan. Adapun teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran siklus I dan siklus II mendapatkan persentase keterlaksanaan 100%. Sementara itu, skor ketercapaian aktivitas guru pada siklus I adalah 78,33 dan 88,33 pada siklus II. Adapun hasil belajar keterampilan menyimak cerita siswa pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan sebesar 70,83% dan 91,66% pada siklus II. Jadi, dapat disimpulkan dengan menerapkan strategi DLTA dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas V Sekolah dasar Surabaya.

 

Kata kunci : strategi DLTA, keterampilan menyimak cerita, unsur cerita.

Abstract: Listening skill is one of skill that is very needed, because a lot of  information obtained from the listening process. One type of listening skill in elementary school is listen to story. Based on the interviews and observations, concluded that story listening skills in  fifth grade of Pegirian II/495 elementary school Surabaya is still low. Factors that cause learning problems is strategies used by teachers in learning listening story is not allowed. Therefore, this research aims that to describe the implementation of strategies to increase listening skills with DLTA story, story listening skills learning outcomes, and the obstacles that occur during the learning listening story with DLTA strategy.This research use classroom action research design, which is implemented in two cycles. . Data collection techniques that used are observation, listening test stories, and field notes. Technique of data analysis using descriptive qualitative and quantitative method. The results shows that the theacher’s activity during the first and second cycle reaches 100%. Meanwhile, the scores of teacher’s activity  in the first cycle is 78.33 and the second cycle is 88.33. The story listening skills learning outcomes of students in the first cycle get the percentage of completeness at 66.66% and 91.66% in the second cycle. In conclusion, by the implementation of strategies Direct Listening and Thinking Activty (DLTA) can successfully increase the listening story skills of fifth grade students of Pegirian II/495 Elementary School Surabaya.

Keywords: strategy DLTA, story listening skills, story elements.

Published
2013-07-01
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 114