PENERAPAN STRATEGI PEMETAAN PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • TINUK VIA FAIZATUN NUR JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dalam proses pembelajaran  Bahasa Indonesia di kelas IV B Sekolah Dasar , terdapat permasalahan yang berkaitan dengan proses pembelajaran menyimak cerita yaitu siswa belum sepenuhnya memiliki kemampuan menyimak dengan baik. Sebanyak 10 siswa dari 18 siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan, yaitu 70. Dalam pembelajaran guru tidak mengunakan strategi pembelajaran yang menarik pada saat pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan strategi pemetaan pikiran dalam meningkatkan keterampilan menyimak. Kegiatan pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan siswa dalam menjelaskan unsur-unsur intrinsik dalam cerita. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan strategi pemetaan pikiran untuk meningkatkan keterampilan menyimak, hasil belajar menyimak siswa, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran dan cara mengatasinya. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian dilaksanakan dengan bersiklus yang meliputi tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan tindakan, serta refleksi. Subjek PTK ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar yang berjumlah 18 siswa. Adapun lokasi PTK dilaksanakan di Sekolah Dasar yang terletak di Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I memperoleh persentase 100% dengan ketercapaian 75. Sedangkan pada siklus II memperoleh persentase 100% dengan ketercapaian 95. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa yang tuntas yaitu 73,3 dengan ketuntasan klasikal 50% dan siklus II mencapai rata-rata 81,9 dengan ketuntasan klasikal 88,9%. Kendala-kendala yang dihadapi berpusat pada pengelolaan pembelajaran dan dapat diatasi dengan baik. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa penerapan strategi pemetaan pikiran dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V Sekolah Dasar. Untuk itu, strategi pemetaan pikiran dapat diterapkan guru sebagai salah satu strategi dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: keterampilan menyimak, strategi pemetaan pikiran

 

Abstrak: Based of result of the observation done in the proces of learning Bahasa Indonesia in Class V Sekolah Dasar , there were found some problems concerned with the learning activity of listening to the story that the students have not fully had ability to listening to story well. 10 of 18 students could not reach the standart minimum criteria made, that is 70. It was because the teacher did not use interesting strategy in teaching-learning process. To solve this problem, the writer mada research by implementing mind mapping strategy to improve the students’ listening skill. This learning activity is hoped able to improve the students’ ability in mentioning the intrinsic of the story. This research done in order to describe the implementation of mind mapping strategy to improve the listening comprehension skill, the result of the students’ learning to listening to the story, and the problems faced during learning activity and the solves. This research layout used class research action. This research layout was done with the cycle which consist of three steps, planning, action, and reflection. The subject of this action class research were the teacher and 18 students of class V Sekolah Dasar . This school is located in Sidoarjo. The data colletion technique used, were observation, test, and field note. The data analysis technique used quantitative and qualitative data. The result of the research showed that in the first cycle got percentage of 100% with achievement of 75 and in the secoud cycle got percentage of 100% with achievement of 95. In cycle I, the average of the students’ study result, which have been completed, is 73,3 with 50% of classical completion and in cycle II, the average of the students’ study result, which have beeb completed, is 81,9 with 88,9% of classical completion. The problems faced is about the learning management and can be solved well. From those result, it can be concluded that the implementation of mind mapping strategy is able to improve the listening comprehension skill of the students class V Sekolah Dasar . Thus, this strategycan be implemente by teacher as one of the strategies in learning activity.

Key word: listening comprehension skill, mind mapping strategy

Published
2013-07-01
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 71