PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA DI SEKOLAH DASAR

  • WENI TRIA ANUGRAH PUTRI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media film kartun untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita, meningkatkan hasil belajar menyimak cerita siswa dengan penggunaan media film kartun, mendeskripsikan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran materi unsur-unsur cerita menggunakan media film kartun dan cara mengatasinya pada siswa kelas V SDN Takeran Magetan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan & pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes prestasi siswa, observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase keterlaksanaan pelaksanaan pembelajaran oleh guru sebesar 92% dan skor ketercapaian sebesar 69. Sedangkan ketuntasan klasikal kelas sebesar 60% dengan rata-rata ketuntasan belajar sebesar 77,6. Pada siklus II, hasil penelitian mengalami kenaikan, yaitu persentase keterlaksanaan pelaksanaan pembelajaran oleh guru sebesar 100% dan skor ketercapaian sebesar 89,5. Sedangkan ketuntasan klasikal kelas sebesar 85% dengan rata-rata ketuntasan belajar sebesar 80,35. Hasil pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dan selain itu kendala-kendala yang muncul pada siklus I dapat diatasi dengan baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film kartun dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SDN Takeran Magetan.

Kata Kunci: keterampilan menyimak cerita, media pembelajaran, film kartun, cerita.

 

Abstract:The purpose of this research was to describe the use of the cartoon movie media to improve the skill of listening stories, to enhance the students learning outcomes, to describe the constraints in the implementation of learning material elements of the story using cartoon movie media, and to demonstrate how to overcome them in the fifth graders of State Elementary School Takeran Magetan.The research used a research design of classroom action research. The study consisted of two cycles, where each cycle consisted of the planning, act and observation, and reflection. The data collection techniques in this research was the student’s achievement tests, observations, and field notes.The results of this research showed that in the first cycle, the success of the learning process done by the teacher was 92% and the achievement scores reached 69. While te class classical completeness was 60% with an average score of 77,6. In the second cycle, the results of the research increased, the success of the learning process done by the teacher was 100% and the achievement score reached 89,5 while the class classical completeness was 85% with an average score of 80,35. The results in the second cycle had reached the indicators of success and the constraints that arose in the first cycle could be addressed properly in the second cycle. Based on those results, it can be concluded that the use of cartoon movie media can improve the skill of listening stories for fifth graders of State Elementary School Takeran Magetan.

Keyword: skill of listening stories, learning media, cartoon movie, stories.


 

Published
2013-07-01
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 13