PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • YENI MASLUCHAH JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Berdasarkan observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Pamotan 1 Porong Sidoarjo, ditemukan permasalahan hasil belajar khusunya pada mata IPS. Hampir sebagian siswa dalam kelas mendapat nilai dibawah KKM yaitu 60 sedangkan skor KKM yang ditentukan sekolah adalah 70, jika depersentasekan yaitu sebensar 65%. Berkaitan dengan masalah tersebut maka Penelitian ini menerapkan model kooperatif tipe jigsaw dengan model PTK. Subyek yang diamati dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran mencapai 100% pada siklus I, II, sampai siklus III. Skor ketercapaian aktivitas guru dalam penelitian mengalami peningkatan dari 71,25% pada siklus I menjadi 82,5% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 91,25% pada siklus ke-III. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 59% pada siklus I menjadi 76,78% pada siklus II dan terjadi peningkatan lagi pada siklus III menjadi 87,5%. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 38,7% dengan rata-rata kelas 61,6. Kemudian penelitian dilanjutkan siklus II dengan pesentase 51,61% dengan rata-rata 72,2. Karena belum mencapai kriteria keberhasilan maka penelitian dilanjutkan ke siklus III dengan pesentase 83,87% dengan rata-rata 83 Berdasarkan indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pamotan I Porong Sidoarjo.

Kata Kunci: kooperatif , jigsaw, model

 

Abstract: Based on observations made at the fourth grade students of Elementary School Pamotan 1 Porong Sidoarjo, found problems learning outcomes especially in the eyes of social studies. Nearly half the students in the class scored below 60 while minimum completeness criteria is specified school minimum completeness criteria score is 70, if with the percentage of 65%. The problems associated with this research is to apply the cooperative model with a jigsaw type PTK models. Subjects were observed in this study were the teacher and fourth grade students. Use of data collection techniques are observation, testing, and field notes. Techniques of data analysis done with descriptive qualitative. The results showed feasibility study reached 100% in cycle I, II, III up cycle. Achievement scores of teachers in research activities has increased from 71.25% in the first cycle to 82.5% in the second cycle, and increased to 91.25% in cycle-III. Activities of students has increased from 59% in the first cycle to 76.78% in the second cycle and increased again in the third cycle to 87.5%. Mastery learning students has increased from the first cycle of 38.7% with an average grade of 61.6. Then the research continued with the second cycle pesentase 51.61% with an average of 72.2. Because it has not reached success criteria then continued to cycle III study with pesentase 83.87% with an average of 83 Based on research that determined the success indicators can be concluded that the application of the model can improve the jigsaw cooperative learning outcomes social studies Elementary School fourth grade students Pamotan I Porong Sidoarjo.

Keywords: cooperative, jigsaw, model


 

Published
2013-07-01
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 389