PENGGUNAAN MEDIA BLOK PECAHAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGURANGAN PECAHAN DI SEKOLAH DASAR

  • YUSFIKA OCTAVIA JURUSAN PGsd FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Hasil belajar siswa merupakan indikator keberhasilan pembelajaran di kelas. Namun hasil belajar yang diharapkan masih kurang maksimal, hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah tanpa penggunaan media pembelajaran  untuk mengkonkretkan materi yang diajarkan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media blok pecahan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pengurangan pecahan pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi dan tes hasil belajar yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan presentase aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan media blok pecahan pada materi pengurangan pecahan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media blok pecahan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media blok pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengurangan pecahan di sekolah dasar.

Kata Kunci: media blok pecahan, hasil belajar, pengurangan pecahan.

 

Abstract: Student learning results is an indicator of success in the classroom. But the expected learning results are still not maximum, it is caused by the process of learning to use the lecture method without the use of media to concretize the material being taught. Therefore this study aimed to describe the use of fractional block media to improve learning outcomes in mathematics in the chapter of fractional reduction in elementary school students. The research method used was descriptive quantitative research methods. Data were obtained from observation and tests which were used to determine the percentage of student learning outcomes and teacher and student activities. The results showed that there are significant differences between learning outcomes using block media fractions in fraction subtraction with learning material that does not use block media fractions. This suggests that learning by using fractional block media can improve student learning outcomes in the reduction of material fractions in elementary school.
Keywords: fractional block media, learning outcomes, reduction of fractions.

 

Published
2013-07-01
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 135