PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN WONOKROMO II SURABAYA

  • KAMIK SURYANI Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Latar belakang penelitian ini yaitu menurunnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS , dalam hal ini karena ketidaktepatan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu juga berakar pada paradikma lama yaitu menggunaka medode ceramah. Sesuai dasar pemikiran diatas, maka perlu adanya pemecahan masalah yaitu menggunakan strategi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V SDN Wumokromo II Surabaya pada mata pelajaran IPS setelah menggunakan model pembelajan kooperatif tipe Numbered Heads Together. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dengan skor rata-rata dari siklus I sebesar 75%, siklus II sebesar 78,13%, dan siklus III sebesar 88,54%. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan skor rata-rata dari siklus I sebesar 73,44%, siklus II sebesar 79,69%, dan siklus III sebesar 89,06%. Sedangkan yang mencapai nilai 65 atau lebih pada siklus I sebesar 75%, siklus II sebesar 79%, dan siklus III sebesar 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN Wonokromo II Surabaya. Model pembejaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari karena selama pembelajaran dalam kekompok melibatkan pengakuan tim dan tanggung jawab kelompok terhadap siswa yang mewakili kelompoknya tanpa mengetahui siapa yang akan mewakili kelompoknya.

 

Kata kunci : IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Prestasi Belajar

Published
2013-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 26