PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN GADING I SURABAYA

  • SITI CHALIMAH Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pembelajaran IPS di  SDN Gading I Surabaya kushusnya di kelas IV, menunjukkan bahwa dalam pembelajaran guru belum memanfaatkan media,metode pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga menjadi kurang maksimal karena belum mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Penelitian ini berusaha menawarkan solusi yaitu dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPS bertujuan supaya dapat menuingkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gading I Surabaya. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kualitatifdan deskriptif kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus. Setiap siklusnya melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan serta pengamatan, dan refleksi . Pengumpulan dan menggunakan teknik observasi, dan tes hasil belajar siswa.Perolehan data dibantu dua orang guru pengamat, menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa,dan tes hasil belajar siswa . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Pada siklus I ketuntasan klasikal tes evaluasi sebesar 65% dan pada siklus II meningkatkan menjadi 84%. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktifitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajarn. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor sebesar 63,5% sedangkan pada siklus II memperoleh skor sebesar 86,5%. Aktifitas siswa pada siklus I memperoleh skor sebesar 63,5% dan pada siklus II aktifitas siswa memperoleh skor sebesar 86%.Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gading I Surabaya.

Kata Kunci : Media Gambar, Pembelajarn IPS, Hasil Belajar.
Published
2013-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 22