KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n3.p%25pAbstract
Proses pembelajaran adalah proses komunikasi. Kemampuan siswa menyampaikan ide, gagasan, dan
pendapat matematika ke orang lain adalah hal yang harus dimiliki siswa. Kemampuan tersebut untuk
membantu siswa mengkonstruksi konsep dan pemahaman mereka agar lebih baik. Oleh karena itu,
diperlukan usaha untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Subjek penelitian terdiri dari 3
orang siswa kelas VII-F SMPN 2 Mojoagung yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa
berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah. Instrumen penelitian terdiri dari tes
pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga
tahapan, yaitu: (1) tahap reduksi data, (2) tahap penyajian data, dan (3) tahap penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika tulis dalam pemecahan .masalah
matematika: 1) siswa yang berkemampuan matematika tinggi adalah akurat, lengkap, dan lancar, 2) siswa
yang berkemampuan matematika sedang adalah akurat kecuali membuat gambar/sketsa dan membuat
kesimpulan, lengkap kecuali membuat gambar/sketsa, dan lancar, 3) siswa yang berkemampuan
matematika rendah adalah akurat kecuali menggunakan rumus atau syarat, melakukan perhitungan dan
membuat kesimpulan, lengkap kecuali menggunakan rumus atau syarat dan melakukan perhitungan,
lancar kecuali menggunakan syarat atau rumus dan melakukan perhitungan. Kemampuan komunikasi
matematika lisan dalam pemecahan masalah matematika: 1) siswa yang berkemampuan matematika
tinggi adalah akurat, lengkap, dan lancar, 2) siswa yang berkemampuan matematika sedang adalah akurat
kecuali membuat gambar/sketsa dan membuat kesimpulan, lengkap kecuali membuat gambar/sketsa, dan
lancar, 3) siswa yang berkemampuan matematika rendah adalah akurat kecuali menggunakan rumus atau
syarat, melakukan perhitungan dan membuat kesimpulan, lengkap kecuali menggunakan rumus atau
syarat dan melakukan perhitungan, lancar kecuali menggunakan syarat atau rumus.
Keywords: Ide, Gagasan, Konsep, Kemampuan Komunikasi. Pemecahan Masalah
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

