PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP PADA MATERI PECAHAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

  • SAILATUL ILMIYAH

Abstract

Grinder mengidentifikasikan 3 jenis gaya
belajar, yaitu : gaya belajar visual, auditori, dan
kinestetik. Penelitian yang dilakukan merupakan
penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan profil pemecahan masalah
matematika siswa SMP kelas VII pada materi
pecahan ditinjau dari gaya belajar. Hasil dari
penelitian ini adalah profil pemecahan masalah
melipu: subjek visual dalam memahami masalah
dengan cara membaca soal dengan suara keras dan
diulang beberapa kali sambil menggarisbawahi
keterangan-keterangan yang dianggap penting serta
sesekali diam sejenak untuk berfikir dan
menggunakan ilustrasi gambar. Merencanakan
penyelesaian, subjek mengungkapkan dengan lancar
dan detail. Memeriksa kembali, dengan mengoreksi
jawabannya yaitu membaca kembali keterangan yang
dirasa penting dan menghitung dengan operasi
kebalikan. Subjek auditori dalam memahami masalah
membaca soal dalam hati sambil menggerakkan bibir
untuk mengungkapkan apa yang dibaca.
Merencanakan penyelesaian, subjek mengungkapkan
dengan bahasanya sendiri dengan sesekali membaca
soal, detail, agak ragu-ragu. Memeriksa kembali,
dengan mengoreksi jawabannya dan operasi
kebalikan. Subjek kinestetik dalam memahami
masalah membaca soal dalam hati dan menggunakan
jarinya sebagai penunjuk sambil mengangkat lembar
soal dan tangannya sesekali memegangi muka.
Merencanakan penyelesaian, subjek mengungkapkan
dengan perlahan sambil membaca soal,
mengungkapkan dengan singkat sambil mengetukngetukkan
pensil di atas soal. Memeriksa kembali,
dengan cara membaca kembali keterangan-keterangan
penting dan menghitung kembali hasilnya.
Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 99
PDF Downloads: 137