PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN BERBANTUAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD (GSP) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII-BILINGUAL SMP AL-AZHAR MENGANTI GRESIK

  • DWI RAHMAWATI

Abstract

Metode pembelajaran penemuan adalah metode pembelajaran yang dirancang agar siswa ikut terlibat aktif dalam proses melakukan percobaan yang memungkinkan mereka menemukan konsep untuk diri mereka sendiri. Pengetahuan akan bersifat lebih permanen dalam ingatan siswa jika mereka mampu membangun pengetahuan tersebut secara mandiri. Disisi lain, tidak lagi bisa dipungkiri bahwa teknologi sudah masuk ke dalam area pendidikan. Untuk itu, dalam melakukan suatu kegiatan penemuan penggunaan teknologi (dalam hal ini software Geometer’s Sketchpad) akan sangat mendukung. Terlebih lagi sampai saat ini, berdasarkan dialog dengan salah satu guru bidang studi matematika SMP Al-Azhar Menganti Gresik guru matematika di SMP Al-Azhar Menganti Gresik belum banyak yang memanfaatkan teknologi dalam pembelajarannya, khususnya pada materi teorema Pythagoras. Sehingga pembelajaran masih dilakukan dengan konvensional yang hanya mengandalkan buku pelajaran saja.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan respon siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan metode penemuan berbantuan software Geometer’s Sketchpad (gsp) pada materi teorema Pythagoras.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan design one shot case study. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis,lembar pengamatan dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara klasikal kelas dinyatakan tuntas dengan presentase ketuntasan 84,21%. Aktivitas siswa selama pembelajaran termasuk kategori tidak aktif karena presentase hanya mencapai 70%. Sedangkan untuk respon siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan adalah positif dengan persentase sebesar 60,35%.
Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 71