2 KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA LASEM SEBAGAI TIONGKOK KECIL BERBASIS MEDIA SOSIAL

  • asma mufid shofiah

Abstract

Salah satu cara mengenalkan potensi pariwisata adalah dengan memasarkan pariwisata melalui media sosial. Karena saat ini teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang, dan menjadikan media sosial sebagai sarana komunikasi yang sering digunakan pada saat ini. Penelitian ini bertujuan ingin mencari tahu bagaimana pemasaran pariwisata Lasem sebagai Tiongkok Kecil melalui pemasaran berbasis media sosial. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Metode yang digunakan adalah Studi Kasus dengan teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan wawancara, observasi melalui media sosial, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua destinasi wisata merupakan wisata dengan kepemilikan pribadi, sehingga proses pengelolaan dan pemasaran melalui media sosial dilakukan secara mandiri. Menonjolkan sisi foto/gambar dengan spot foto yang unik bernuansa tempo dulu untuk menarik wisatawan. Namun masih belum semua destinasi pariwisata Lasem sebagai wisata Tiongkok Kecil menggunakan pemasaran melalui media sosial. Hanya Tiongkok Kecil Heritage Lasem dan Roemah Oei yang melakukan promosi melalui media sosial dibantu oleh komunitas pendukung untuk mengenalkan Lasem dengan segala daya tariknya. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Lasem sebagai Tiongkok Kecil
Published
2020-08-06
How to Cite
shofiah, asma. (2020). 2 KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA LASEM SEBAGAI TIONGKOK KECIL BERBASIS MEDIA SOSIAL. The Commercium, 3(02), 4. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/35620
Abstract Views: 99
PDF Downloads: 0