Komunikasi Instruksional Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya

Komunikasi Instruksional Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya

  • Azizah Ayu Shintiyana Ilmu Komunikasi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang komunikasi guru instruksional guru dalam meningkatan keterampilan sosial siswa berkebutuhan khusus yang bersekolah di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya. Guru di sekolah ini mengajar siswa dengan kebutuhan khusus yang berbeda-beda mulai dari autis, tunagrahita, slow learner, dan tunarungu. Dalam melakukan komunikasi instruksional terdapat dua jenis pesan yang dilakukan yaitu verbal dan nonverbal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode fenomenologi pendeketan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi instruksional yang dilakukan guru dalam meningkatkan keterampilan siswa berkebutuhan khusus yang berada di sekolah dengan siswa yang memiliki beragam keterbatasan. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam kepada guru utama dan guru pendamping serta dengan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika dalam melakukan komunikasi instruksional guru melakukan pendekatan terlebih dulu kepada siswa dengan masuk ke dunia siswa. Guru akan aktif mendekati siswa agar siswa merasa nyaman dengan keberadaan guru. Pendekatan ini dilakukan secara konsisten dan kerja sama antar guru dalam membagi jadwal dalam melakukan pendekatan. Selain itu kegiatan di luar kelas juga sangat membantu guru dalam melakukan kegiatan instruksional karena lebih mudah bagi siswa untuk mendapatkan banyak pengalaman ketika melakukan kegiatan di luar kelas. Hal ini karena banyak hal yang dapat dipelajari siswa ketika kegiatan di luar kelas yaitu mengenal lebih banyak kosakata dan dapat berinteraksi dengan orang baru. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti komunikasi instruksional guru dalam meningkatkan keterampilan siswa dapat meneliti dari segi pendekatan guru dengan keluarga anak berkebutuhan khusus karena keluarga juga memiliki peran dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa sehingga cara komunikasi instruksional yang dilakukan akan berbeda pula. Kata kunci: Komunikasi Instruksional, Keterampilan Sosial, Anak Berkebutuhan Khusus
Published
2020-08-12
How to Cite
Shintiyana, A. (2020). Komunikasi Instruksional Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya. The Commercium, 3(02), 1-11. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/35773
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 580