ANALISIS FRAMING PADA MEDIA ONLINE OKEZONE.COM DAN TRIBUNNEWS.COM DALAM PEMBERITAAN WACANA NEW NORMAL DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA

  • Aldila Saputri Kristiawati Mahasiswa

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebar ke seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali Indonesia dengan membawa dampak besar pada bidang kesehatan dan perekonomian. Untuk itu Pemerintah Indonesia memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menangani dan mencegah bertambahnya kasus Covid-19. Di tengah pemberlakuan PSBB, Presiden Joko Widodo mengadakan siaran pers online mengenani wacana new normal yang bertujuan memulihkan kondisi ekonomi negara agar masyarakat kembali produktif dan tetap aman di tengah pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Okezone.com dan Tribunnews.com mengkonstruksi realitas dalam pemberitaan wacana new normal yang disampaikan Presiden Joko Widodo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan konsep framing William A. Gamson dan Andre Modigliani. Hasil penelitian menunjukkan ambiguitas dan inkonsistensi Okezone dalam membingkai isu wacana new normal ini terlihat dari dinamika pemberitaannya yang berubah-ubah dari pro ke kontra lalu kembali bernada Sedangkan Tribunnews konsisten mendukung penerapan new normal untuk memulihkan kondisi ekonomi. Tribunnews menegaskan bingkainya dengan menggunakan kosa kata yang sensasional dan menarik perhatian. Kata kunci: Framing, pandemi Covid-19, wacana new normal, Presiden. Abstract The Covid-19 pandemic has spread throughout the world, including Indonesia, with a major impact on health and the economy. For this reason, the Government of Indonesia has implemented Large-Scale Social Restrictions (PSBB) to handle and prevent the increase in Covid-19 cases. In the midst of the implementation of the PSBB, President Joko Widodo held an online press release regarding the new normal discourse which aims to restore the country's economic condition so that people can return to being productive and remain safe amid the Covid-19 pandemic. The purpose of this research is to find out how Okezone.com and Tribunnews.com construct reality in the news about the new normal discourse delivered by President Joko Widodo. This research is a qualitative research using the framing concept of William A. Gamson and Andre Modigliani. The results showed that Okezone's ambiguity and inconsistency in framing the issue of the new normal discourse could be seen from the dynamics of its news which fluctuated from pro to contra then returned to pitch. While Tribunnews consistently supported the application of the new normal to restore economic conditions. Tribunnews emphasizes its frame using sensational and eye-catching vocabulary. Keywords: Framing, Covid-19 pandemic, New normal discourse, President
Published
2021-01-15
How to Cite
Kristiawati, A. (2021). ANALISIS FRAMING PADA MEDIA ONLINE OKEZONE.COM DAN TRIBUNNEWS.COM DALAM PEMBERITAAN WACANA NEW NORMAL DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA. The Commercium, 3(3), 80-94. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/37700
Abstract Views: 536
PDF Downloads: 668