Strategi Komunikasi Pemasaran Online Shop @by_kk Melalui Instagram Di Ponorogo

  • Loulita Septiana Ilmu komunkasi

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh online shop @by_kk dalam memanfaatkan media sosial instagram sebagai sarana pemasaran untuk meningkatkan omset penjualan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deksriptif kualitatif berdasarkan data primer dan sekunder. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode wawancara kepada pemilik online shop @by_kk. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Positioning, Differentiation, Brand (P-D-B) dimana dalam penelitian ini menekankan bagaimana pemilik online shop @by_kk memilih media yang dianggap mampu memenuhi kebuuhan sebagai penunjang bisnisnya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram yang dilakukan oleh online shop @by_kk mampu memenuhi target pemasaran dan meningkatkan omset penjualan. Hasil penelitian ini dalam hal positioning yaitu, @by_kk menempatkan citra “Murah tapi fashionable” kepada pelanggannya. Dalam hal differentiation, @by_kk menjual produk terkini dengan harga yang murah. Dal hal branding @by_kk yang menggunakan selebgram luar kota untuk promosi membuat online shop @by_kk sangat mudah dikenali oleh banyak orang bahkan sampai luar negeri. Kata Kunci: Positioning, Differentiaton dan Brand Abstract This study aims to determine the marketing communication strategy carried out by the online shop @by_kk in utilizing social media Instagram as a marketing tool to increase sales turnover. This type of research is a qualitative descriptive based on primary and secondary data. In this study, researchers used the interview method to the online shop owner @by_kk. The theory used in this study is the theory of Positioning, Differentiation, Brand (P-D-B), which in this study emphasizes how the online shop owner @by_kk chooses media that is considered capable of fulfilling needs as a support for their business. Based on the research results, it can be concluded that the marketing communication strategy through social media Instagram carried out by the online shop @by_kk is able to meet marketing targets and increase sales turnover. The results of this study in terms of positioning, namely, @by_kk put the image of "Cheap but fashionable" to its customers. In terms of differentiation, @by_kk sells the latest product at a low price. In terms of branding @by_kk, which uses celebrities outside the city for promotion, makes the online shop @by_kk very easily recognized by many people even overseas. Keyword: Positioning, Differentiaton dan Brand
Published
2021-01-18
How to Cite
Septiana, L. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Shop @by_kk Melalui Instagram Di Ponorogo. The Commercium, 3(3), 114-126. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/37878
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 476
PDF Downloads: 363