IMPLEMENTASI STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION GERAI KOPI DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Miggy Dunovan Ilmy Mahasiswa

Abstract

Pandemi Covid-19 yang merebak sejak awal 2020 menyebabkan pemerintah kota Surabaya memberlakukan pembatasan interaksi sosial. Kebijakan pemerintah tersebut tentunya berdampak pada bisnis gerai kopi. Penurunan omset penjualan selama pembatasan sosial membuat gerai kopi harus bertahan dan bagaimana meningkatkan penjualan. Penerapan strategi komunikasi pemasaran terpadu (IMC) untuk menarik minat konsumen di masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi strategi komunikasi pemasaran terpadu (IMC) Kedai Kopi Pitulikur dan Coffee Shop Moeng Kopi dalam menarik minat konsumen di masa pandemi Covid-19. Teori yang digunakan Integrated Marketing Communication (IMC), komunikasi pemasaran, strategi komunikasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara owner, barista dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kedai Kopi Pitulikur dan Coffee Shop Moeng Kopi dalam menerapkan IMC bahwa masing – masing memiliki potensi dan tantangan di masa pandemi sehingga terdapat sebuah upaya dari beberapa kegiatan untuk menarik minat konsumen. Dalam aktivitas publisitas Pitulikur dan Moeng Kopi memaksimalkan Instagram untuk memberi pesan komunikasi sebagai bentuk citra perusahaan, interaksi serta sosialisasi mengenai protokol kesehatan. Dari ciri khas Pitulikur dan Moeng Kopi memiliki cara yang berbeda dalam menerapkan IMC sesuai segmentasinya.
Published
2021-02-24
How to Cite
Ilmy, M. (2021). IMPLEMENTASI STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION GERAI KOPI DI MASA PANDEMI COVID-19. The Commercium, 4(01), 1-14. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/38427
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 1109
PDF Downloads: 1056