HUBUNGAN PROMOSI TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM KAMPUNG LALI GADGET

Survei Pada Masyarakat Desa Pagerngumbuk

  • Venezia Anggita Sari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Salah satu cara dalam memperkenalkan sebuah produk yaitu dengan melakukan promosi. Dengan adanya promosi, diharapkan dapat dikenal oleh masyarakat luas, dan menambah partisipasi masyarakat. Hal itulah yang dilakukan oleh Kampung Lali Gadget, yang merupakan program gagasan dari para pemuda di desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. Mereka menggunakan strategi promosi untuk menarik partisipasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan promosi terhadap partisipasi masyarakat desa Pagerngumbuk dalam Program Kampung Lali Gadget. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei berupa kuesioner yang disebarkan kepada responden. Sampel penelitian ini yaitu masyarakat yang berdomisili di desa Pagerngumbuk dan mengetahui program Kampung Lali Gadget dengan jumlah sampel sebanyak 355 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah spearman rank correlation dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara promosi terhadap partisipasi masyarakat dalam program Kampung Lali Gadget dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,491 terhadap taraf kesalahan (alpha) 0,05. Adapun hal-hal yang perlu ditingkatkan adalah promosi yang dilakukan di website dan keikutsertaan masyarakat dalam mengikuti kegiatan pada KLG. Kata kunci: promosi, partisipasi masyarakat, kampung lali gadget, pagerngumbuk.
Published
2021-04-26
How to Cite
Sari, V. (2021). HUBUNGAN PROMOSI TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM KAMPUNG LALI GADGET. The Commercium, 4(01), 51-60. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/39200
Abstract Views: 140
PDF Downloads: 167