MINAT PENDENGAR RADIO TERHADAP KARAKTER SUARA PENYIAR

Studi Deskriptif Karakter Suara Penyiar Vee Dan Choky dengan Minat Pendengar Radio

  • Muhammad Abdul Azis Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Suara merupakan modal penyiar oleh karena itu dibutuhkan perhatian terhadap suara yang dimiliki. Penilaian suara seorang penyiar bergantung pada pendengarnya sesuai dengan segmentasinya. Setiap penyiar memiliki suara yang berkarakter yang membedakan dengan suara penyiar lainnya. Salah satu cara menarik pendengar adalah kemampuan kecakapan penyiar radio yang memiliki kekuatan pada suara. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar minat pendengar radio Gen Fm terhadap karakter suara penyiar vee dan choky. Untuk minat Pendengar radio GenFm Surabaya dilihat dari aspek kognitif, afektif dan konatif. Metode pengumpulan data ini dilakukan dengan mempergunakan kuesioner, lalu dilanjutkan analisis data dengan mempergunakan skala likert. Dari hasil analisis data didapatkan minat pendengar radio terhadap karakter suara penyiar Vee dan Choky dari 106 sampel mayoritas responden menyatakan setuju dengan persentase 49,10% untuk dimensi Afektif. Hal ini berarti mayoritas responden dapat merasakan emosi dan perasaannya dari suara yang disampaikan oleh penyiar. Kekuatan suara penyiar ketika berbicara mampu membuat akrab pendengar sehingga dapat menimbulkan adanya kedekatan antara penyiar dan pendengar. Sebagian besar karakter suara penyiar Vee dan Choky memiliki teknik vocal yang baik dan dapat dimengerti sehingga responden merasa lebih mudah untuk memahami pesan yang disampikan oleh penyiar dengan suara yang baik. Hasil dari penelitian ini, minat pendengar terhadap karakter suara penyiar termasuk dalam kategori sedang dengan taraf presentase 75% dengan jumlah 89 responden dari 106 pendengar yang dijadikan sampel. Kata Kunci: karakter, suara penyiar, minat pendengar, radio
Published
2021-06-21
How to Cite
Azis, M. (2021). MINAT PENDENGAR RADIO TERHADAP KARAKTER SUARA PENYIAR. The Commercium, 4(01), 111-121. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/40194
Abstract Views: 327
PDF Downloads: 769