Strategi Manajemen Media Radio Pradya Suara Sebagai Lembaga Penyiaran Publik Lokal

  • Nur Aghnia Rizqi Yulfara Unesa

Abstract

LPPL Radio Pradya Suara merupakan lembaga penyiaran yang didirikan oleh Pemerintah Kabupaten Tuban sejak tahun 1969. Pradya Suara memiliki frekuensi 94.6 FM dimana 40% berkonsep informasi dan 60% konsep hiburan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen media LPPL Radio Pradya Suara dalam mempertahankan jumlah pendengarnya. Untuk menyelesaikan penelitian ini digunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LPPL Radio Pradya Suara menggunakan tiga strategi dalam mempertahankan jumlah pendengar. Strategi tersebut yaitu strategi kekuatan content, strategi mendekati audiens, dan strategi capital. Dari hasil tersebut dapat disarankan kepada Pemerintah Kabupaten Tuban agar terus melibatkan LPPL Radio Pradya Suara dalam setiap acara atau kegiatan yang dilakukan, agar dapat memberitakan kepada masyarakat. Dan saran untuk LPPL Radio Pradya Suara agar mengadakan pelatihan penyiar dan juga repoter supaya dapat lebih memahami pengelolaan radio seiring dengan jaman yang saat ini terus berkembang.
Published
2021-06-21
How to Cite
Yulfara, N. A. (2021). Strategi Manajemen Media Radio Pradya Suara Sebagai Lembaga Penyiaran Publik Lokal. The Commercium, 4(01), 122-132. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/40349
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 82