PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BEHOME.ID TERHADAP KEPUASAN FOLLOWERS DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN KESEHATAN MENTAL

  • Reifita Devi Listya Suwono UNESA

Abstract

Di era keterbukaan informasi, Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak diminati berbagai kalangan, mulai remaja hingga orang tua. Di Instagram, banyak ditemui akun seputar psikologi, salah satunya Behome.id. Behome.id merupakan layanan kesehatan mental yang dikhususkan pada anak broken home dan mereka dapat berbagi cerita maupun keluh kesah mengenai permasalahan yang dihadapinya. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification milik Elihu Katz, Jay G. Blumler, dan Michael Gurevitch. Teori ini menjelaskan bahwa followers dianggap aktif serta memiliki kebebasan untuk menentukan bagaimana mereka dalam menggunakan media serta bagaimana media tersebut memberikan dampak pada dirinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, paradigma positivisme, dan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling, sehingga followers yang dijadikan responden memiliki beberapa kriteria dan jumlah followers yang akan diteliti sebanyak 204 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner melalui Google Form secara online. Data hasil kuesioner diolah menggunakan statistika Korelasi Product Moment, Alpha Cronbach, dan Korelasi Spearman Rank. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan angka signifikasi bernilai 0.000 yang berarti kurang dari 0.05, sehingga Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motif penggunaan media sosial Instagram Behome.id dengan kepuasan followers dalam menggunakan layanan kesehatan mental. Selanjutnya, hasil dari correlation coefficient menunjukkan angka 0.649 yang berada pada skala 0.60 – 0.799, sehingga menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara motif penggunaan media sosial Instagram Behome.id terhadap kepuasan followers dalam menggunakan layanan kesehatan mental Kata Kunci: Motif, Kepuasan, Behome.id, Followers.
Published
2021-06-23
How to Cite
Suwono, R. D. (2021). PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BEHOME.ID TERHADAP KEPUASAN FOLLOWERS DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN KESEHATAN MENTAL. The Commercium, 4(01), 143-154. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/40613
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 1301
PDF Downloads: 942