CITRA TRI RISMAHARINI SEBAGAI PEMIMPIN PEDULI ANAK (Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk Pada Siaran Pers Pemerintah Kota Surabaya Tahun 2019)

  • Dewi Ratna Sari Firdausi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra Tri Rismaharini terhadap perlindungan anak yang dibentuk melalui press release yang dikeluaran oleh Humas Pemerintah Kota Surabaya tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk. Pengumpulan data didapatkan dari teks press release, wawancara penulis dan studi literatur. Teknik analisa data dilakukan dengan menarik kesimpulan dan verifikasi dari hasil observasi yang didapatkan dari analisis teks, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tri Rismahaini digambarkan sebagai pemimpin yang memiliki kepedulian tinggi terhadap anak-anak di Kota Surabaya melalui pemilihan kata motivasi, penuh kiasan, hingga menarik emosional pembaca. Hal itu didukung dengan media yang memberitakan press release tanpa ada yang diubah.
Published
2021-07-07
How to Cite
Firdausi, D. (2021). CITRA TRI RISMAHARINI SEBAGAI PEMIMPIN PEDULI ANAK (Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk Pada Siaran Pers Pemerintah Kota Surabaya Tahun 2019). The Commercium, 4(02), 12-18. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/41282
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 79