Pengalaman Pengguna Paylater Mahasiswa Di Surabaya

Authors

  • Revan Eria Bintang Hardhika Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v4i2.41291

Abstract

Inovasi perkembangan teknologi pembayaran memicu terjadinya fenomena pengguna paylater yang diminati oleh masyarakat, khususnya mahasiswa dari berbagai universitas di Surabaya. Hadirnya paylater di berbagai e-commerce atau online travel agent mengundang mahasiswa untuk menggunakan pembayaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motif dan pengalaman pengguna paylater mahasiswa di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian berjumlah sepuluh mahasiswa dari berbagai universitas di Surabaya dengan menggunakan teknik purposeful sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi berupa riwayat transaksinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif mahasiswa di Surabaya menggunakan paylater terdiri atas because to motive yang meliputi urgensi atau desakan, pemanfaatan fitur paylater yang menguntungkan dan pemanfaatan teknologi sistem pembayaran yang baru serta in order to motive meliputi opsi alternative pengganti kartu kredit, solusi pembayaran yang cepat dan mudah dan strategi e-commerce atau online travel agent untuk menghadirkan paylater. Pengalaman yang menyenangkan terdiri dari terbantu atas permasalahan finansial, kemudahan dalam pembayaran dan pengalaman yang tidak menyenangkan yakni kekhawatiran karena merasa menjadi pribadi yang konsumtif, mempunyai tanggungan di akhir menjadi beban pikiran, dan mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan dari pihak penagih.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-08

How to Cite

Hardhika, R. E. B. (2021). Pengalaman Pengguna Paylater Mahasiswa Di Surabaya. The Commercium, 4(2), 19–32. https://doi.org/10.26740/tc.v4i2.41291

Issue

Section

Artikel Ilmiah IKOM
Abstract views: 1254 , PDF Downloads: 6917