Strategi Promosi Wisata Heritage melalui Media Sosial, Komunitas dan Event (Studi Kasus pada Dinas dan Kebudayaan Pariwisata Kota Surabaya)
Abstract
Pariwisata menjadi salah satu tumpuan dalam upaya peningkatan aktivitas ekonomi bagi suatu daerah termasuk warga yang ada di dalamnya. Oleh karenanya, banyak daerah mengupayakan promosi bagi berbagai obyek wisata yang menjadi andalan. Namun, hal ini harus dibarengi dengan menemukan potensi terkuat agar suatu daerah dapat memiliki postioning yang membedakannya dengan daerah lain. Hal ini diwujudkan oleh Kota Surabaya dengan mewujudkan identitas sebagai Kota Wisata Sejarah berdasarkan catatan sejarah yang terjadi pada 10 November 1945 lalu hingga akhirnya dinobatkan sebagai Kota Pahlawan. Kekuatan ini berhasil mengantarkan Surabaya menjuarai berbagai prestasi. Dalam upaya ini tentunya dibutuhkan strategi promosi yang tepat, oleh karenanya penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Surabaya mengimbangi antara promosi offline melalui event tahunan dan pemasangan iklan di sejumlah tempat serta mengimbanginya dengan promosi melalui media sosial. Harapannya, penelitian mampu menjadi acuan bagi daerah lain yang ingin melakukan promosi dan menemukan potensi terbaik untuk dikembangkan menjadi identitas pariwisata.
Published
2021-07-14
How to Cite
Aristyawan, D. (2021). Strategi Promosi Wisata Heritage melalui Media Sosial, Komunitas dan Event (Studi Kasus pada Dinas dan Kebudayaan Pariwisata Kota Surabaya). The Commercium, 4(02), 105-119. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/41635
Section
Artikel Ilmiah IKOM
PDF Downloads: 1256