Peran Aktivasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Eksistensi PT PAL INDONESIA (PERSERO)

  • Livia Kusuma Ayustina Universitas Negeri Surabaya

Abstract

PT PAL Indonesia (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang alutsista laut dan galangan kapal terbesar di Indonesia. Sempat mengalami krisis ekonomi global pada tahun 2008 membuat PT PAL Indonesia (Persero) harus terus meningkatkan performanya. Hingga saat ini PT PAL Indonesia tetap eksis dalam memunculkan karya-karya besarnya ke nasional maupun internasional. Salah satunya yakni PT PAL Indonesia merupakan satu-satunya perusahaan yang mampu membangun kapal selam di ASEAN. Guna menampilkan performanya kepada masyarakat luas, PT PAL Indonesia memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan masyarakat dan stakeholder untuk menunjukkan eksistensinya. Saat ini terdapat proses-proses untuk mengelola media sosial yang digunakan untuk meningkatkan performa sebuah perusahaan yaitu proses perencanaan, proses aktivasi, dan proses optimalisasi. Tujuan penelitian ini yaitu guna mengetahui bagaimana pemaksimalan proses pengelolaan dan keberhasilan dalam penerapan aktivasi media sosial yang dilakukan oleh PT PAL Indonesia (Persero). Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa PT PAL Indonesia memilih Instagram sebagai media sosial utama nya dan melakukan pengelolaan media sosial sesuai dengan ketiga proses pengelolaan tersebut, dalam penggunaannya PT PAL Indonesia cenderung menggunakan proses optimalisasi dalam media sosialnya, selain itu mereka juga menciptakan strategi yang digunakan untuk proses pengelolaan sosial media milik perusahaan sendiri.
Published
2021-07-14
How to Cite
Ayustina, L. (2021). Peran Aktivasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Eksistensi PT PAL INDONESIA (PERSERO). The Commercium, 4(02), 120-131. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/41664
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 199
PDF Downloads: 620