Event Sebagai Komunikasi Pemasaran Untuk Mempromosikan Merek Lokal (Studi Kasus Pada Basha Market)

  • Abdurrahman Rabbani Unesa

Abstract

Basha Market adalah sebuah event bazzar tematik pertama di Surabaya yang mengumpulkan pemilik local brand dan peminatnya. Konsep yang diusung oleh Basha Market adalah bazzar yang mengunggulkan visual untuk mengangkat brand lokal agar lebih dihargai dan diminati oleh pasar Surabaya. Konsep bazzar visual ini dipadukan dengan berbagai kegiatan interaktif seperti talkshow dan workshop membuat Basha condong pada segmentasi menengah keatas yang sadar akan teknologi dan seni. Basha sebagai menyedia jasa pemasaran melalui event perlu untuk mengkomunikasikannya pada semua publik yang dimilikinya karena tanpa adanya komunikasi maka event ini tidak akan menjadi bisnis yang menguntungkan berbagai pihak. Kotler (dalam Rangkuti, 2000: 18) mendefinisikan bahwa komunikasi pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi serta distribusi sejumlah barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang akan memaparkan bagaimana event ini dapat membantu pertumbuhan banyak bisnis baik dari Basha maupun banyaknya local brand yang berkembang dan muncul karena Basha. Selain itu event memberikan pengalaman kepada customer untuk merasakan dan melihat langsung produk yang diminati. Hal tersebut menjadikan pemasaran melalui event memberikan dampak langsung terkait peningkatan omzet dan meningkatkan trafik media sosial karena adanya awareness dari pengunjung event terkait brand yang sudah dilihatnya
Published
2021-07-17
How to Cite
Rabbani, A. (2021). Event Sebagai Komunikasi Pemasaran Untuk Mempromosikan Merek Lokal (Studi Kasus Pada Basha Market). The Commercium, 4(02), 183-192. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/41886
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 121
PDF Downloads: 810