MANAJEMEN KRISIS HUMAS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DALAM MENANGANI KASUS BULLYING PKKMB ONLINE FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • AYU SETYA NINGSIH UNESA
  • PUTRI AISYIYAH RACHMA DEWI UNESA

Abstract

Wabah corona virus disease 2019 (Covid-19) memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan, khususnya Perguruan Tinggi. Perguruan tinggi dituntun untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran secara daring atau online. Pada tanggal 15 September 2020 Universitas Negeri Surabaya diviralkan melalui kasus bullying pkkmb online yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan. Kausus tersebut merebut perhatian dari publik dan warganet secara luas. Hal tersebut membuat humas Universitas Negeri Surabaya melakukan langkah untuk memanajamen krisis untuk menekan dampak krisis yang terjadi. Manajemen krisis merupakan strategi yang dibentuk oleh institusi atau lembaga dalam menangani kasus atau krisis yang sedang terjadi di dalam institusinya. Humas Universitas Negeri Surabaya menggunakan pola manajemen krisis dengan melakukan identifikasi krisis untuk mengetahui sumber krisis, dampak, dan kecenderungan komunikasi publik terhadap kasus tersebut. Langkah selanjutnya humas Universitas Negeri Surabaya menggunakan identifikasi sebagai landasan dari pembentukan komunikasi krisis. Komunikasi krisis yang digunakan oleh humas Universitas Negeri Surabaya adalah distance strategies, integrate strategies dan surffering strategies. Komunikasi krisis tersebut dilakukan oleh humas Universitas Negeri Surabaya kepada publik internal dan eksternal Universitas Negeri Surabaya. Langkah terakhir yang dilakukan oleh humas Universitas Negeri Surabaya sebagai bentuk manajemen krisis adalah melakukan evaluasi terhadap seluruh strategi yang digunakan agar dijadikan referensi untuk mengelola krisis dikemudian hari. Kata Kunci: Kasus Video PKKMB Fakultas Ilmu Pendidkan, Manajemen Krisis, Pola Manajemen Krisis Humas Universitas Negeri Surabaya
Published
2021-07-19
How to Cite
NINGSIH, A., & DEWI, P. A. (2021). MANAJEMEN KRISIS HUMAS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DALAM MENANGANI KASUS BULLYING PKKMB ONLINE FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. The Commercium, 4(02), 172-182. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/41938
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 249
PDF Downloads: 460