Strategi Bisnis Radio Bersegmentasi Agama (Studi Kasus Pada Radio Suara Muslim)

  • Nurmelia Chandra Putri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Strategi bisnis menjadi sebuah hal penting agar perusahaan tetap bisa bersaing dan tetap bertahan. Beragam cara mengatur strategi mulai dari perluasan geografis, menentukan segmentasi hingga penguatan sumber daya manusia. Radio Suara Muslim sebagai media berformat religi juga harus memikirkan bagaimana cara untuk bertahan. Mengingat radio tidak hanya menjalankan fungsi sebagai edukasi atau entertainment, namun juga fungsi ekonomi atau bisnis. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi bisnis yang dilakukan Radio Suara Muslim bermula dari strategi program, kualitas sumber daya manusia, klasifikasi iklan hingga muncul traffic tinggi yang menjadi nilai bisnis. Materi yang menarik, pembawaan yang khas serta narasumber yang berkompeten mampu mendatangkan pendengar. Dengan banyaknya pendengar, maka menarik banyak pengiklan. Dengan begitu roda bisnis Suara Muslim pun dapat berjalan.
Published
2021-07-23
How to Cite
Putri, N. (2021). Strategi Bisnis Radio Bersegmentasi Agama (Studi Kasus Pada Radio Suara Muslim). The Commercium, 4(02), 240-250. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/42095
Section
Artikel Ilmiah IKOM
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 259