Array

Penulis

  • Thalia Yusi Dwi Listyowati Universitas Negeri Surabaya
  • Vinda Maya Setianingrum Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v6i1.49214

Abstrak

Strategi komunikasi pemasaran Word Of Mouth merupakan strategi yang seringkali dianggap efektif karena dalam prosesnya terjadi tindakan pemberian rekomendasi secara personal berdasarkan pengalaman konsumen setelah menggunakan suatu merek atau jasa. Adanya hambatan dalam digital marketing menjadi salah satu alasan KWT Putri Kencana menerapkan strategi komunikasi pemasaran Word Of Mouth saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan strategi komunikasi pemasaran Word Of Mouth oleh KWT Putri Kencana dalam upaya meningkatkan penjualan produk omah kelor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Elemen strategi komunikasi pemasaran Word Of Mouth dalam penelitian ini adalah talkers dengan konsumen berpengalaman dan pegawai Dinas Pertanian sebagai orang berpengaruh terlibat merekomendasikan produk terhadap orang lain. Topic yang membahas manfaat produk. Tools dengan media sosial (instagram, facebook, dan whatsapp), pelatihan dan penyuluhan, serta event pameran sebagai alat untuk menyebarkan pesan. Taking part dengan pihak KWT Putri Kencana yang menanggapi dan menjelaskan secara langsung pertanyaan masyarakat dan konsumen seputar Omah Kelor. Dan tracking dengan pihak KWT Putri Kencana yang memantau respon konsumen dengan saling berkomunikasi satu sama lain, terbuka menerima respon konsumen secara lisan maupun elektronik, dan menerima testimoni konsumen. Model komunikasi Word Of Mouth dalam penelitian ini adalah Organic Word Of Mouth yang terjadi secara alami oleh konsumen yang sukarela merekomendasikan produk Omah Kelor. Temuan dalam penelitian ini adalah masih adanya stigma negatif terhadap kelor dan ketidaktahuan masyarakat akan olahan produk kelor, menjadikan Omah Kelor sebagai sarana edukasi terhadap masyarakat. Strategi komunikasi pemasaran Word Of Mouth yang juga belum cukup mampu meningkatkan hasil penjualan Omah Kelor berdasarkan data penjualan yang dimiliki oleh pihak KWT Putri Kencana.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-08-31

Cara Mengutip

Dwi Listyowati, T. Y., & Setianingrum, V. M. (2022). Array . The Commercium, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.26740/tc.v6i1.49214

Terbitan

Bagian

Artikel Ilmiah IKOM
Abstract views: 243 , PDF Downloads: 229