STRATEGI KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN DESA WISATA KEMIREN DALAM UPAYA MENDUKUNG SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v6i1.49269Abstrak
Pariwisata dapat menjadi alat dalam pembangunan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai strategi komunikasi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pokdarwis dan pemangku kepentingan lain dalam pengembangan pariwisata lokal di Desa Wisata Kemiren (studi kasus Desa Wisata Kemiren, Kabupaten Banyuwangi). Penelitian ini juga membahas mengenai peran desa wisata sebagai salah satu tools untuk mendukung pencapaian SDGs yang terdiri dari 17 tujuan dan dibagi dalam empat pilar yaitu pilar pembangunan sosial, pilar pembangunan ekonomi, pilar pembangunan lingkungan, dan pilar pembangunan hukum dan tata kelola. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, dalam pemenuhan sumber data didapatkan dengan wawancara mendalam, observasi lapangan dan media sosial serta berita-berita yang membahas mengenai Desa Wisata Kemiren. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemberdayaan yang dilakukan di Desa Kemiren berhasil secara efektif menciptakan perubahan sosial di masyarakat melalui program pengembangan desa wisata dengan berinovasi memaksimalkan kekayaan adat dan budaya yang dimiliki dengan menciptakan festival sehingga aktivitas pariwisata di Desa Kemiren dapat mendukung pencapaian target SDGs.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2022-09-06
Cara Mengutip
Taufik, M. N. B., & Tsuroyya, T. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN DESA WISATA KEMIREN DALAM UPAYA MENDUKUNG SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS. The Commercium, 6(1), 21–34. https://doi.org/10.26740/tc.v6i1.49269
Terbitan
Bagian
Artikel Ilmiah IKOM

