KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA APLIKASI E-PEKEN DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada aplikasi E-Peken di kota Surabaya. Peneliti menggunakan teori komunikasi pemasaran 4P dalam menelusuri bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan oleh para pelaku UMKM. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk mendapatkan data yang relavan dan kredibel. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dari para informan yang merupakan pelaku UMKM di Kota Surabaya yang menggunakan E-Peken, serta perwakilan dari Dinas Koperasi dan Perdagangan yang menaungi sektor UMKM. Hasil penelitian menunjukan bahwa Para pelaku UMKM di kota Surabaya menggunakan strategi komunikasi pemasaran 4P yang diaplikasikan secara dinamis, sesuai dengan sektor usaha mereka masing-masing diantaranya yaitu Produk dan harga, Promosi produk, tempat usaha dan bukti fisik, serta tim dan keseluruhan proses dalam menjalankan UMKM.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, UMKM, E-Peken
References
Ardiyanto, A. (2018). Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kemasan Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Skripsi.
Arisandi, Y. T. (2018). Efektivitas Penerapan E-Commerce Dalam Perkembangan Usaha Kecil Menengah di Sentra Industri Sandal Dan Sepatu Wedoro Kabupaten Sidoarjo. Administrasi Negara.
Ashari, A. (2019). Pemanfaatan Media Sosial dalam Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Tema : Entrepreneur And Information Technologi. Jurnal Fakultas.
Aulia, D. D. (2022). Aplikasi e-Peken Beri Kemudahan Warga Surabaya Beli
Kebutuhan Pokok. Retrieved from Detik.com: https://www.detik.com/jatim/berita/d-6035861/aplikasi-e-pekenberi-kemudahan-warga-surabaya-beli-kebutuhan-pokok
Bank Indonesia. (2022). Retrieved from bi.go.id: https://www.bi.go.id/id/umkm/default.aspx
Jawapos. (2021). 40 Ribu UMKM di Surabaya Digadang-gadang Jadi Motor Ekonomi Warga.Retrieved from Jawapos.com: https://www.jawapos.com/surabaya/19/09/2021/40-ribu-umkmdi-surabaya-digadang-gadang-jadi-motor-ekonomi-warga/
Jelita, I. N. (2021). Gara-gara Pandemi Covid-19, Diperkirakan 30 Juta UMKM Bangkrut. Retrieved from Mediaindonesia.com: https://mediaindonesia.com/ekonomi/433606/gara-gara-pandem i-covid-19-diperkirakan-30-juta-umkm-bangkrut
Kadeni. (2020). Peran UMKM Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. EQUILIBRIUM.
Kementerian Keuangan. (2021). Pemerintah Terus Perkuat UMKM Melalui Berbagai Bentuk Bantuan. Retrieved from kemenkeu.go.id: https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/peerintah-terusperkuat-umkm-melalui-berbagai-bentuk-bantuan/
Kementrian Koperasi dan UKM. (2022). Retrieved from kemenkopukm.go.id:https://kemenkopukm.go.id/wartakumkm/?12yeUKszF6qrZlQIJMXOuskb6tj97atTyMpuZrCB8GnhlJkPwe
Komalasari, R. (2021). UMKM Go-Digital sebagai Adaptasi dan Inovasi Pemasaran. IKRAITH-ABDIMAS. anisasi Pada Dinas Kominfo Kabupaten Tasikmalaya. Skripsi.
Muhksin. (2019). Manfaat Penerapan Marketing Online . Teknokom.
Mulawarman, K. (2021). Komunikasi Organisasi Pada Dinas Perijinan Kota Yogyakarta Untuk Meningkatkan Pelayanan. Jurnal Makna.
Mustafa, B. (2021). Analisis Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan UMKM di kabupaten Sidrap. Tesis.
Pemerintah Kota Surabaya. (2022). UMKM. Retrieved from bangga.surabaya.go.id:https://bangga.surabaya.go.id/
Purwidiantoro, M. H. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Eka Cida.
Pusat Kajian Anggaran Badan Keahlian DPR. (2019). Alternatif Kebijakan Pemberdayaan UMKM di Indonesia. Jakarta.
Rajawarta. (2022). Transaksi E-Peken Sampai Dengan April 2022 Capai Rp. 14,491 Miliar. Retrieved from rajawarta.com:https://rajawarta.com/transaksi-e-peken-sampai-dengan-april-2022-capai-rp-14491-miliar/
Sari, Y. (2020). E-Commerce untuk meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Susanti, S. (2018). Komunikasi Pemasaran Produk Komoditas Lokal Berbasis Komunitas Melalui Penggunaan Media (Studi Kasus Fruitsup, Umkm Di Jatinangor). Sosiohumaniora - Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora.
Wahyudi, S. A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM) di Masa Pandemi . Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Yudhanegara, F. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Umkm Konveksi Levis. Journal Jika.
Zagoto, Y. (2022). Peran Pemasaran Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM di Masa Pandemi. Jurnal Peradaban Masyarakat.
PDF Downloads: 167