STRATEGI PUBLIC RELATION PT KAI DAOP 8 SURABAYA DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA MELALUI COMMUNITY RELATION (STUDI KASUS PADA RAILFANS)
Studi Kasus Pada Railfans
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v6i3.53046Kata Kunci:
Strategi Public relation, Citra, Railfans, Studi KasusAbstrak
Sebuah perusahaan saat ini tengah mempertimbangkan pengendalian sebuah citra, citra ini bertujuan untuk tetap mempertahankan eksistensi sebuah perusahaan. KAI merupakan perusahaan yang besar maka dari itu pengendalian citra juga sangat diperlukan. Citra pada PT KAI Daop 8 Surabaya ditangani oleh divisi public relation. Public relation PT KAI Daop 8 mempunyai beberapa strategi untuk tetap menjaga citra. Salah satu program public relation untuk menjaga citra adalah program community relation dengan menggandeng railfans. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan meode studi kasus dan menggunakan paradigma konstruktivisme, yaitu paradigma yang melihat keadaan sosial sebagai sebuah analisis sistematis. Pengumpulan data didapatkan dari hasil wawancara mendalam kepada beberapa informan yang sesuai dengan kriteria hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi communnity relation yang menggandeng railfans memiliki latar belakang yang sama yaitu ingin lebih mengenalkan kereta api ke seluruh masyarakat, maka dari itu PT KAI Daop 8 Surabaya dan railfans memiliki ikatan yang kuat. Didalam strategi community relation mempunyai beberapa bidang didalamnya untuk menunjang sebuah citra dari PT KAI Daop 8 Surabaya yaitu Community Branding, Community gattering, Bina lingkungan, sosialiasi, bakti sosial, pelayanan publik. PT KAI yang berperan sebagai mitra kerja railfans sangat mendukung semua hal positif yang dilakukan oleh railfans sehingga sebagai suatu komunitas railfans memiliki loyalitas yang sangat tinggi juga.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 500
,
PDF Downloads: 759