STRATEGI PUBLIC RELATION PT KAI DAOP 8 SURABAYA DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA MELALUI COMMUNITY RELATION (STUDI KASUS PADA RAILFANS)

Studi Kasus Pada Railfans

  • Fenina Wulan Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Vinda Maya Setianingrum Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: Strategi Public relation, Citra, Railfans, Studi Kasus

Abstrak

Sebuah perusahaan saat ini tengah mempertimbangkan pengendalian sebuah citra, citra ini bertujuan untuk tetap mempertahankan eksistensi sebuah perusahaan. KAI merupakan perusahaan yang besar maka dari itu pengendalian citra juga sangat diperlukan. Citra pada PT KAI Daop 8 Surabaya ditangani oleh divisi public relation. Public relation PT KAI Daop 8 mempunyai beberapa strategi untuk tetap menjaga citra. Salah satu program public relation untuk menjaga citra adalah program community relation dengan menggandeng railfans. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan meode studi kasus dan menggunakan paradigma konstruktivisme, yaitu paradigma yang melihat keadaan sosial sebagai sebuah analisis sistematis. Pengumpulan data didapatkan dari hasil wawancara mendalam kepada beberapa informan yang sesuai dengan kriteria hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi communnity relation yang menggandeng railfans memiliki latar belakang yang sama yaitu ingin lebih mengenalkan kereta api ke seluruh masyarakat, maka dari itu PT KAI Daop 8 Surabaya dan railfans memiliki ikatan yang kuat. Didalam strategi community relation mempunyai beberapa bidang didalamnya untuk menunjang sebuah citra dari PT KAI Daop 8 Surabaya yaitu Community Branding, Community gattering, Bina lingkungan, sosialiasi, bakti sosial, pelayanan publik. PT KAI yang berperan sebagai mitra kerja railfans sangat mendukung semua hal positif yang dilakukan oleh railfans sehingga sebagai suatu komunitas railfans memiliki loyalitas yang sangat tinggi juga.

Referensi

Anandasari, V. K. P. (2022) „Strategi Public relation Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Dalam Membangun Citra Organisasi‟, Ejournal.Unesa.Ac.Id, 05, pp. 207–215.
Anggarda, A. A. (2020) „Peran Public relation Pemerintah Kota Surabaya Dalam Membangun Citra Bangga Surabaya‟, Governance, JKMP (Governance, Jurnal Kebijakan & Manajemen Publik), 10(1), pp. 1–15. doi: 10.38156/governancejkmp.v10i1.55.
Arikunto, Suharsini. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Batoebara, M. U. and Zebua, D. (2021) „Peran Public relations Dalam Meningkatkan Citra Positif Hotel Santika Premiere Dyandra Medan‟, Network Media, 4(2), pp. 20–39. doi: 10.46576/jnm.v4i2.1403.
Bungin, M. Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Febrianti, V. and Oktaviani, F. (2020) „Community Relation Dalam Menjaga Citra Positif Radio‟, Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2). doi: 10.31602/jm.v3i2.3688.
Jefkins, Frank. (1995). Public Relation (Edisi Keempat). (Drs Haris Munandar, Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Haningtyas, A. (2018) „Peran Public relations Dalam Meningkatkan Citra Hotel Sahid Melalui Event Yoga‟, Jurnal Riset Komunikasi, 1(2), pp. 191–202. doi: 10.24329/jurkom.v1i2.31.
Hermawan, E. (2020) „Strategi Public relations Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Membangun Media Relations‟, JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 5(2), p. 140. doi: 10.32503/jmk.v5i2.1028.
Oktarina, A. (2019) „Strategi Public relations Dalam Mempertahankan Citra Positif Dprd Kabupaten Rejang Lebong‟
Pratiwi, N. E., Mayopu, R. G. and Huwae, G. N. (2015) „Aktivitas Media Relations Public relation Setda Kota Salatiga dalam Membentuk Berita Positif‟, Jurnal ASPIKOM, 2(5), p. 330. doi: 10.24329/aspikom.v2i5.85.
Ramah, B. (2022) „MEMBANGUN CITRA POSITIF PEMERINTAH KABUPATEN BIMA‟, 6(2), pp. 2666–2673.
Setiawan, B. and Latifa, A. (2019) „Strategi Public relations Radio Geronimo Yogyakarta dalam Mempertahankan Citra Perusahaan‟, Mediator: Jurnal Komunikasi, 12(2), pp. 189–198. doi: 10.29313/mediator.v12i2.4897.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi (ed.). 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3S
Studi, P. et al. (no date) „POLA KOMUNIKASI PUBLIC RELATION PT KERETA API INDONESIA DAERAH OPERASI 6 YOGYAKARTA DALAM MEMBANGUN CITRA‟, pp. 386–394.
Sugiyah, C. & (2019) „Pengaruh Peran Public relation Terhadap Citra Perusahaan Pada PT Kereta Api Indonesia DAOP 1 Jakarta‟, Journal of Information System, Applied, Management, Accounting, and Research, 3(2), pp. 44–54. Available at: http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar.
Yunus, Hadi Sabari. 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication, 1(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.31506/jsc. v1i1.7764.
Yudarwati, G. A. (2013) „Community Relations: Bentuk Tanggung Jawab Sosial Organisasi‟, Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 1(2), pp. 143–156. doi: 10.24002/jik.v1i2.164.
Diterbitkan
2023-06-18
Bagian
artikel
Abstract Views: 187
PDF Downloads: 283