PENGARUH BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SMA Al HIKMAH SURABAYA

PENGARUH BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SMA Al HIKMAH SURABAYA

Penulis

  • Satria Aji Pambudi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v6i3.53546

Kata Kunci:

Komunikasi Pemasaran, Keputusan Siswa, SMA Al Hikmah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran komunikasi pemasaran terhadap keputusan siswa memilih SMA Al Hikmah Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan metode survei melalui melalui kuesioner, data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS. Sampel yang digunakan adalah siswa yang berasal di luar SMP Al Hikmah sebanyak 59 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran komunikasi pemasaran yang meliputi periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, penjualan personal atau pribadi, pemasaran langsung, acara dan pengalaman, pemasaran interaktif, serta pemasaran dari mulut ke mulut mempunyai pengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap keputusan siswa memilih SMA Al Hikmah Surabaya dengan menghasilkan F statistik (7,033) > F tabel (2,130). Bauran komunikasi pemasaran pada dimensi pemasaran dari mulut ke mulut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan siswa memilih SMA Al Hikmah Surabaya dengan menghasilkan T statistik (2,169) > T tabel (2,009). Dimensi periklanan memiliki pengaruh berlawanan, yang artinya diperlukan evaluasi terkait penggunaan media brosur. Sedangkan bauran komunikasi pemasaran lainnya meliputi promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, penjualan personal atau pribadi, pemasaran langsung, acara dan pengalaman, dan pemasaran interaktif mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan siswa memilih SMA Al Hikmah Surabaya. Acara dan pengalaman merupakan dimensi paling dominan dan berkaitan dengan kegiatan yang diadakan pihak sekolah, menghasilkan standardized coefficients sebesar 0,264.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-06-27

Cara Mengutip

Pambudi, S. A. (2023). PENGARUH BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SMA Al HIKMAH SURABAYA: PENGARUH BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SMA Al HIKMAH SURABAYA. The Commercium, 6(3), 213–221. https://doi.org/10.26740/tc.v6i3.53546

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 236 , PDF Downloads: 182