PENGARUH BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SMA Al HIKMAH SURABAYA

PENGARUH BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SMA Al HIKMAH SURABAYA

  • Satria Aji Pambudi Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Keputusan Siswa, SMA Al Hikmah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran komunikasi pemasaran terhadap keputusan siswa memilih SMA Al Hikmah Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan metode survei melalui melalui kuesioner, data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS. Sampel yang digunakan adalah siswa yang berasal di luar SMP Al Hikmah sebanyak 59 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran komunikasi pemasaran yang meliputi periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, penjualan personal atau pribadi, pemasaran langsung, acara dan pengalaman, pemasaran interaktif, serta pemasaran dari mulut ke mulut mempunyai pengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap keputusan siswa memilih SMA Al Hikmah Surabaya dengan menghasilkan F statistik (7,033) > F tabel (2,130). Bauran komunikasi pemasaran pada dimensi pemasaran dari mulut ke mulut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan siswa memilih SMA Al Hikmah Surabaya dengan menghasilkan T statistik (2,169) > T tabel (2,009). Dimensi periklanan memiliki pengaruh berlawanan, yang artinya diperlukan evaluasi terkait penggunaan media brosur. Sedangkan bauran komunikasi pemasaran lainnya meliputi promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, penjualan personal atau pribadi, pemasaran langsung, acara dan pengalaman, dan pemasaran interaktif mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan siswa memilih SMA Al Hikmah Surabaya. Acara dan pengalaman merupakan dimensi paling dominan dan berkaitan dengan kegiatan yang diadakan pihak sekolah, menghasilkan standardized coefficients sebesar 0,264.

Referensi

Amirullah. (2015). Populasi Dan Sampel (pemahaman, jenis dan teknik).
Farida, R. (2017). Analisis Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Pemilihan.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan) (Issue March). Deepublish. https://www.researchgate.net/publication/331546499
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran (Issue July). Penerbit Qiara Media. https://www.researchgate.net/publication/342644678
Hendri, & Setiawan, R. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Samudra Bahari Utama. Agora, 5(1), 1–8.
Hermawan, F., Sahputra, D., & ... (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Vivo Smartphone Dalam Membentuk Brand Awareness Di Kalangan Remaja Kelurahan Sei Putih Barat Kecamatan Medan Petisah. Jurnal Ilmu …, 4(1), 62–70.
https://doi.org/10.31289/jipikom.v4i1.1152
Hidayatullah, M. S. (2015). Analisis pengaruh Strategi Pemasran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Sekolah Menengah Atas ( Sma ) Yayasan Pendidikan Islam Darussalam Cimanggis-Ciputat. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/27050
Khory, Y. Ek. S. & F. D. (2013). Perbedaan Persepsi Antara Siswa Sekolah Negeri Dan Swasta Terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani 59. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 59–63.
Lumempow, C. S., Mangindaan, J. V, & Walangitan, O. F. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Citra Perusahaan PT . GOJEK Manado. Productivity, 3(2), 133–138.
Ningsih, Y. P., & Hati, S. W. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Accu Yuasa Yang Dipromosikan Distributor Pt Riau Indotama Abadi Di Batam. Journal of Applied Business Administration, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.30871/jaba.v1i1.1255
Nugroho, R., & Japarianto, E. (2013). Pengaruh People, Physical Evidence, Product, Promotion, Price dan Place terhadap Tingkat Kunjungan di Kafe Coffee Cozies Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1–9. https://media.neliti.com/media/publications/134687-ID-pengaruh-people-physical-evidence-produc.pdf
Nurcahyo, B., & Riskayanto, R. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image Dan Aktifitas Word of Mouth (Wom) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 14. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i1.12026
Rachman, R. F. (2018). Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Memilih SMA IT Al-Madinah Cibinong (Issue 3). http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020
Sutrisno, E. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Kuliah Di Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (Sttkd) Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 10(1), 43–60.
Wati, U. I. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Siswa Memilih SMA Barunawati Surabaya. Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(1), 121–157.
Wiyono, B. (2020). Produk-Produk Jasa Pendidikan. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan …, 3(3), 35–45. http://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/199
Yulfia, N. (2022). 9 Sekolah Islam Terbaik di Jakarta Lengkap dengan Alamatnya. https://www.kalderanews.com/2022/01/9-sekolah-islam-terbaik-di-jakarta-lengkap-dengan-alamatnya/
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884
Diterbitkan
2023-06-27
Bagian
artikel
Abstract Views: 111
PDF Downloads: 48