KOMUNITAS FACEBOOK PERWIRA GRABMERCHANT JAWA TIMUR SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v6i3.53604Kata Kunci:
Pandemi COVID-19, Pemberdayaan UMKM, Komunitas Virtual, Komunikasi KelompokAbstrak
Guncangan ekonomi yang luar biasa di masa pandemi COVID-19 membuat banyak pelaku UMKM mengalami penurunan omzet yang cukup signifikan. Sehingga perlunya pembekalan dan arahan untuk para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya melalui pemberdayaan UMKM secara digital dimana mereka tetap dapat menjalankan bisnisnya melalui sistem online (e-marketing), salah satunya melalui Komunitas Facebook PERWIRA GrabMerchant Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menambah pengetahuan terkait peran komunitas virtual khususnya peran Komunitas Facebook PERWIRA GrabMerchant Jawa Timur sebagai media pemberdayaan UMKM yang dapat membantu para mitranya di masa pandemi COVID-19, serta dapat mengetahui terkait bagaimana komunikasi kelompok yang terjadi pada komunitas tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi dan wawancara. Hasil peneletian ini menunjukkan bahwa Komunitas Facebook PERWIRA GrabMerchant Jawa Timur berperan penting sebagai media pemberdayaan UMKM melalui berbagai progam yang dilaksanakan secara eksklusif untuk para anggota komunitas / UMKM yang tergabung sebagai mitra / merchant Grabfood.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 79
,
PDF Downloads: 71