PENGARUH STORYTELLING MARKETING PADA TIKTOK SONIA BASIL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Penulis

  • Siti Ambar Winarni Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v7i3.57288

Kata Kunci:

digital marketing, content marketing, storytelling marketing, sosial media, keputusan pembelian

Abstrak

Storytelling marketing dapat membentuk platform jangka panjang untuk berbagai tujuan, termasuk menarik pelanggan, menjual produk, menambah pengetahuan, dan meningkatkan citra merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh storytelling marketing terhadap keputusan pembelian dengan survei yang dilaksanakan pada 400 pengikut akun Tiktok @soniabasill. Penelitian ini bersifat kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan metode survei lapangan secara tidak langsung dan penyebaran kuesioner melalui google form. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data dan hipotesis diuji menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebesar 4% antara storytelling marketing terhadap keputusan pembelian, sisanya 96% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa storytelling marketing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian meskipun bernilai rendah. Hal ini membuktikan bahwa storytelling Marketing merupakan strategi pemasaran yang efektif mampu menarik viewers, namun perlu mengembangkan inovasi pemasaran dari Sonia Basil di media sosial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-10-18

Cara Mengutip

Winarni, S. A. (2023). PENGARUH STORYTELLING MARKETING PADA TIKTOK SONIA BASIL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. The Commercium, 7(3), 120–128. https://doi.org/10.26740/tc.v7i3.57288

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 1030 , PDF Downloads: 701