ANALISIS SELF-DISCLOSURE PADA AKUN KEDUA INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.64373Keywords:
self-disclosure, akun kedua, media sosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengguna akun kedua Instagram sebagai sarana pengungkapan diri . Pendekatan kualitatif digunakan untuk menggali pemahaman mendalam mengenai menutup diri melalui akun kedua Instagram, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara mendalam dan analisis dokumen. Wawancara mendalam dilakukan baik secara tatap muka maupun melalui media komunikasi online, menggunakan panduan wawancara untuk mendapatkan informasi langsung dari pengguna. Selain itu, analisis dokumen yang mencakup sumber-sumber sekunder seperti penelitian sebelumnya dan artikel terkait menutup diri di media sosial untuk memperkuat landasan teoritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan akun kedua Instagram memiliki dampak yang signifikan dalam konteks pengungkapan diri dan interaksi sosial, khususnya di kalangan pelajar. Pembuatan akun kedua sering kali didorong oleh kebutuhan akan privasi, eksklusivitas, dan kesejahteraan mental, yang mencerminkan kompleksitas konsep Johari Window. Penggunaan akun kedua memperluas area terbuka dalam komunikasi interpersonal dan menciptakan ruang tersembunyi di mana individu dapat berbagi pengalaman secara lebih intim. Pengungkapan diri melalui akun kedua tidak hanya memungkinkan individu untuk mengungkapkan dirinya secara lebih bebas dan autentik, tetapi juga mempengaruhi dinamika hubungan interpersonal serta pembentukan ikatan sosial yang lebih dalam. Dengan demikian, akun kedua Instagram menjadi sarana yang relevan untuk menciptakan pengalaman online yang lebih mendalam dan kompleks dalam konteks komunikasi dan interaksi sosial di era digital.
Downloads
References
Al Azis, M. R., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Self-Disclosure dalam Penggunaan Platform Media Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 120–130.
Arif, M., & Syafrini, D. (2022). Motif Self Disclosure Mahasiswa Melalui Instagram Story (Studi: Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNP). Jurnal Perspektif, 5(3), 394–403.
Augustine, E. P., Saragih, M. Y., & Rohani, L. (2023). Pemanfaatan Instagram Story Sebagai Media Disclosure Mahasiswa Stambuk 2017 Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatra Utara. 2(1).
Azizah, A. N. (2022). Pengungkapan Diri melalui Media Sosial oleh Pengguna Second account Instagram. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Bansae, C. D. A., Anakaka, D. L., & Kiling, I. Y. (2020). Descriptive Study of Self-Disclosure through Facebook of Psychology Students, Public Health Faculty of Nusa Cendana University. Lontar: Journal of Community Health, 2(2), 74–81.
Clarissa, J., & Tamburian, H. H. D. (2019). Instagram dan Self Disclosure dalam Perspektif Komunikasi Antarpribadi terhadap Siswa—Siswi SMA Santo Kristoforus II. 3(2).
DeVito, J. A. (2016). The Interpersonal Communication Book (14 edition). Pearson.
Dewi, R., & Janitra, P. A. (2018). Dramaturgi Dalam Media Sosial: Second account di Instagram Sebagai Alter Ego. 8(3).
Febri, Y. (2022). Self-disclosure melalui Second account di Instagram. Universitas Islam Riau.
Febyantari, R. (2019). Instagram Story Sebagai Bentuk Self Disclosure Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember. MEDIAKOM, 2(2), 159.
Indah, P. S. A. (2023). Perilaku Self-disclosure Pengguna Second account Instagram dalam Menjali Intimasi Pertemanan. Universitas Lampung.
Luft, J., & Ingham, H. (1961). The Johari Window: A Graphic Model of Awareness in Interpersonal Relations. 5(9).
Mafazi, N., & Nuqul, F. L. (2017). Perilaku Virtual Remaja: Strategi Coping, Harga Diri, dan Pengungkapan Diri dalam Jejaring Sosial Online. Jurnal Psikologi, 16(2).
Mardiana, L., & Zi’ni, A. F. (2020). Pengungkapan Diri Pengguna Akun Autobase Twitter @Subtanyarl. Jurnal Audience, 3(1), 34–54.
Nate, M. P. (2021). Pengaruh Layanan Informasi Dengan Menggunakan Teori Johari Windows Untuk Meningkatkan Self Disclosure Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Takengon Tahun Pembelajaran 2020/2021. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Pamungkas, I. R., & Lailiyah, N. (2019). Presentasi Diri Pemilik Dua Akun Instagram di Akun Utama dan Akun Alter. 7(4).
Prihantoro, E., Damintana, K. P. I., & Ohorella, N. R. (2020). Self Disclosure Generasi Milenial melalui Second account Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 312.
Prihantoro, E., Wiguna, A., & Pratiwi, E. (2020). Insta Story dalam Membingkai Self Disclosure Mahasiswa. 2(1).
Rosemary, R., Susilawati, N., & Hanifah, A. (2022). Pengungkapan Diri Selebgram Aceh melalui Instagram Story. Jurnal Komunikasi Global, 11(1), 88–111.
Sagiyanto, A., & Ardiyanti, N. (2018). Self Disclosure Melalui Media Sosial Instagram: Studi Kasus pada Anggota Galeri Quote. Nyimak (Journal of Communication), 2(1).
Saputri, R. S., Erawan, E., & Boer, K. M. (2020). Keterbukaan Diri Tentang Gaya Hidup Hedonis Remaja SMA Negeri 1 Samarinda pada Media Sosial Instagram. Jurnal Komunikasi Korporasi dan Media (JASIMA), 1(1), 35–51.
Sari, I. A., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Pengungkapan Diri pada Remaja Pengguna Media Sosial Instagram. Jurnal EMPATI, 9(1), 52–57.
Swastika, N., Krisdinanto, N., & Fista, B. R. S. (2021). Pengungkapan Seksualitas Diri pada Media Sosial Instagram @Sisilism. Scriptura, 11(2), 53–64.
Valerian, J. D., & John, H. B. (1987). Self-Disclosure. Plenum Press.
Zuhair Muhammad, W., Dwi Erliana, Y., & Hakim, L. (2021). Hubungan Jenis Kepribadian (Ekstrovert & Introvert) dengan Pengungkapan Diri (Self Disclosure) pada Pengguna Media Sosial Instagram: Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa. JURNAL PSIMAWA, 4(1), 13–18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 1116
,
PDF Downloads: 603