Pengaruh Cyber Religion Marketing dalam TikTok @am.event terhadap Minat Beli Tiket Pengajian Agama Ustadz Hanan Attaki.
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65980Kata Kunci:
Cyber Religion Marketing, Generasi Z, Minat Beli, TikTok, Ustadz Hanan Attaki.Abstrak
Di era digitalisasi, media sosial telah menjadi sarana utama dalam menyampaikan dakwah keagamaan dan kegiatan pemasaran. Fenomena cyber religion muncul sebagai upaya pemanfaatan media digital seperti TikTok untuk menyebarkan konten keagamaan secara lebih luas, sementara cyber marketing menawarkan pendekatan interaktif yang menarik perhatian audiens, khususnya generasi Z sebagai pengguna aktif media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cyber religion marketing yang dilakukan oleh Ayah Amanah event organizer melalui akun TikTok @am.event terhadap minat beli tiket pengajian agama Ustadz Hanan Attaki. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner daring yang disebarkan kepada 100 responden gen Z, pengikut akun TikTok @am.event. Hasil uji regresi linear menunjukkan pengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Uji hipotesis memperlihatkan nilai t-hitung (8,388) lebih besar dari t-tabel (1,984), yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, cyber religion marketing melalui TikTok @am.event berpengaruh signifikan terhadap minat beli tiket pengajian agama Ustadz Hanan Attaki.
Unduhan
Referensi
CNN Indonesia. (2024). CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20241007094807-192-1152374/indonesia-pengguna-tiktok-terbanyak-di-dunia-kalahkan-as-hingga-rusia
Detik. (2015). https://islami.co/mengapa-ustadz-hanan-attaki-digemari-remaja-dan-pemuda-islam/
doyle. (2020). Tik Tok Statistics “Everything You Need to Know.” 5(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.6578761
Fakhruroji, M. (2017). Dakwah Di Era Media Baru Teori dan Aktivisme Dakwah Di Internet. (1st ed.). Simbiosa Rekatama Media. https://digilib.uinsgd.ac.id/31509/
Habibi, M. (2021). YouTube Sebagai Guru Agama Di Era Cyber Religion. Adzikra: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 12(1), 12–26. https://doi.org/10.32678/ adzikra.v12i1.4548
Hootsuite. (2023). Hootsuite (We Are Social).
IDN Research Institute. (2019). About the report. https://doi.org/10.18356/d60ac2d9-en
Mauludin, H. (2019). Strategi Dakwah Ustadz Hanan Attaki Dalam Mensosialisasikan Gerakan Pemuda Hijrah (Shift) Melalui Sosial Media Instagram. Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48037
Safitri, A. P. (2021). Pemasaran digital dalam pengajian online: Studi pada generasi muda. Jurnal Komunikasi Dan Pemasaran, 1(7), 111–123. https://doi.org/10.1234/jkp.2021.011
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta.
Survei Nasional PPIM UIN Jakarta. (2021). PPIM UIN Jakarta. https://ppim.uinjkt.ac.id/2021/12/09/launching-hasil-penelitian-ppim-uin-jakarta-beragama-ala-anak-muda-ritual-no-konservatif-yes/
TikTok Statistict, Exploding Topics. (2024). https://explodingtopics.com/blog/tiktok-demographics
Tysara, L. (2023). Arti Jomblo Fisabilillah, Ciri-Ciri, dan Contoh Perilakunya. Liputan 6. https://www.liputan6.com/hot/read/5422396/arti-jomblo-fisabilillah-ciri-ciri-dan-contoh-perilakunya?page=3
Ummah, N. H. (2023). Pemanfaatan Sosial Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Dakwah Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dakwah, 11(1), 151–169. https://doi.org/10.15408/jmd.v11i1.32914
CNN Indonesia. (2024). CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20241007094807-192-1152374/indonesia-pengguna-tiktok-terbanyak-di-dunia-kalahkan-as-hingga-rusia
Detik. (2015). https://islami.co/mengapa-ustadz-hanan-attaki-digemari-remaja-dan-pemuda-islam/
doyle. (2020). Tik Tok Statistics “Everything You Need to Know.” 5(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.6578761
Fakhruroji, M. (2017). Dakwah Di Era Media Baru Teori dan Aktivisme Dakwah Di Internet. (1st ed.). Simbiosa Rekatama Media. https://digilib.uinsgd.ac.id/31509/
Habibi, M. (2021). YouTube Sebagai Guru Agama Di Era Cyber Religion. Adzikra: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 12(1), 12–26. https://doi.org/10.32678/ adzikra.v12i1.4548
Hootsuite. (2023). Hootsuite (We Are Social).
IDN Research Institute. (2019). About the report. https://doi.org/10.18356/d60ac2d9-en
Mauludin, H. (2019). Strategi Dakwah Ustadz Hanan Attaki Dalam Mensosialisasikan Gerakan Pemuda Hijrah (Shift) Melalui Sosial Media Instagram. Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48037
Safitri, A. P. (2021). Pemasaran digital dalam pengajian online: Studi pada generasi muda. Jurnal Komunikasi Dan Pemasaran, 1(7), 111–123. https://doi.org/10.1234/jkp.2021.011
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta.
Survei Nasional PPIM UIN Jakarta. (2021). PPIM UIN Jakarta. https://ppim.uinjkt.ac.id/2021/12/09/launching-hasil-penelitian-ppim-uin-jakarta-beragama-ala-anak-muda-ritual-no-konservatif-yes/
TikTok Statistict, Exploding Topics. (2024). https://explodingtopics.com/blog/tiktok-demographics
Tysara, L. (2023). Arti Jomblo Fisabilillah, Ciri-Ciri, dan Contoh Perilakunya. Liputan 6. https://www.liputan6.com/hot/read/5422396/arti-jomblo-fisabilillah-ciri-ciri-dan-contoh-perilakunya?page=3
Ummah, N. H. (2023). Pemanfaatan Sosial Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Dakwah Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dakwah, 11(1), 151–169. https://doi.org/10.15408/jmd.v11i1.32914
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

