Strategi branding SD Al Hikmah Surabaya Untuk Mempertahankan Citra Sekolah Islam Segmen Atas
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65996Kata Kunci:
Branding, Citra, Sekolah Islam, Segmen Atas, SD Al Hikmah SurabayaAbstrak
Penelitian ini berjudul "Strategi Branding SD Al Hikmah Surabaya untuk Mempertahankan Citra Sekolah Islam Segmen Atas". Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi branding yang diterapkan oleh SD Al Hikmah dalam mempertahankan citra sekolah Islam segmen atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Al Hikmah Surabaya menerapkan strategi branding melalui empat tahap utama, yaitu brand identity, brand personality, brand positioning, dan brand communication. Implementasi strategi ini tercermin dalam berbagai program seperti grand opening dan trial class, pemanfaatan platform pembelajaran Sekolahku, aktivasi media sosial terutama Instagram, keterbukaan informasi, serta pembangunan hubungan yang harmonis antara guru, siswa, dan orang tua. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman strategi branding dalam konteks pendidikan Islam, khususnya bagi sekolah yang menargetkan segmen atas. Implikasi penelitian ini dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan Islam lainnya dalam merancang strategi branding yang efektif untuk membangun dan mempertahankan citra sekolah di tengah persaingan yang semakin ketat.
Unduhan
Referensi
Aaker. D. (1991). Manajemen Ekuitas Merek, memanfaatkan nilai dari suatu merek,
Abidin, A.R, dkk. (2023). Motivasi Intrinsik
Arikunto, S. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara
Aufa. M. (2019). Motif Memilih Sekolah Islam di Surabaya.
Bayu, K. Dan Habibah, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Sekolah
Terhadap Kepuasan Siswa pada SMK Swastta Kabupaten Subang. Jurnal
Ilmiah Magister Manajemen (Diakses dari jimm.mm.pasca.unikom.ac.id pada 7 Juli 2024)
Gelder, S.V. 2005. Global Brand Strategy. London: Kogan Page, 2005
Guba, E., dan Lincoln, Y. (1987). Competing Paradigms in Qualitative Research.
Ikmal, Novita, dkk. 2020. Strategi Perencanaan di Surabaya dalam Pertumbuhan
Ekonomi melalui Sektor- Sektor Unggulan. Governance: Jurnal Kebijakan
Manajemen Publik. (Diakes dari uwp.ac.id pada 16 Juni 2024)
Kaputa, C. (2010). You are a Branding, Terj: Bunga Putra. Jakarta: Gagas Media
Keller, K.L. (2013). Strategic Brand Management Building, Meansuring dan Managing
Brand Equity. United States of America. British Library Cataloguing in
Publication Data
Moleong,L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Banding: Remaja Rosdakarya
Pambudi, S. 2023. Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terhdapat Keputusan Siswa Memilih SMA Al Hikmah Surabaya. Commercium Vol 6 No 3 Tahun 2023
Prasetyo, B. D dan Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Prespektif
Komunikasi dalam Bisnis. Universitas Brawijaya Press.
Riyono. (2018). Strategi Branding Menuju Sekolah Bermutu: Studi Multisite di SD
Muhammadaiyah 2 Tulangan dan SD Muhammadiyah Bangil. Tesis. (Diakses
dari www.researchgate.net/publication/327417052 pada 7 Juli 2024)
Santosa. N. 2022. Strategi Rebranding Trimurti Senior High School dalam
Meningkatkan Citra Sekolah Modern
Siswono, Tatag. 2017. Pembelajaran Matematika yang Realistik Humanistik
Sujdarwo. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: Mandar Maju. h.25
Suyatno. (2015). Sekolah Islam Terpadu Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal “Al
Qalam”. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta. Vol 21 No 1 Juni 2015
Sholihah, T. (2018). Strategi Manajemen Humas Dalam Menciptakan School
Branding pada Sekolah Islam Terpadu. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan
Islam), 3 (2),72-84. (Diakses dari ejournal.uin-malang.ac.id pada
15 Juni 2024)
Swasty, W. (2016). Branding: Memahami dan Merancang Strategi Merek,
Bandung; Remaja Rosdakarya, 2016) pada 6 Juli 2024)
Wijaya, M. (2013). Promosi, Citra Merek dan Saluran Distribusi Pengaruhnya
Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Terminix di Kota Manado. Jurnal Riset
Ekonomi dan Manajemen Bisnis dan Akuntansi.
Wijaya. Nonaventura Arya. 2010. Strategi Komunikasi Pemasaran dalam
Membentuk Brand Personality (Studi Deskriptif Mengenai Strategi KomunikasiPemasaran PeterSaysDenim dalam Membentuk Brand Personality).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 118
,
PDF Downloads: 182