Strategi branding SD Al Hikmah Surabaya Untuk Mempertahankan Citra Sekolah Islam Segmen Atas

Penulis

  • Farah Nabila Rahmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Gilang Gusti Aji Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65996

Kata Kunci:

Branding, Citra, Sekolah Islam, Segmen Atas, SD Al Hikmah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini berjudul "Strategi Branding SD Al Hikmah Surabaya untuk Mempertahankan Citra Sekolah Islam Segmen Atas". Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi branding yang diterapkan oleh SD Al Hikmah dalam mempertahankan citra sekolah Islam segmen atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Al Hikmah Surabaya menerapkan strategi branding melalui empat tahap utama, yaitu brand identity, brand personality, brand positioning, dan brand communication. Implementasi strategi ini tercermin dalam berbagai program seperti grand opening dan trial class, pemanfaatan platform pembelajaran Sekolahku, aktivasi media sosial terutama Instagram, keterbukaan informasi, serta pembangunan hubungan yang harmonis antara guru, siswa, dan orang tua. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman strategi branding dalam konteks pendidikan Islam, khususnya bagi sekolah yang menargetkan segmen atas. Implikasi penelitian ini dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan Islam lainnya dalam merancang strategi branding yang efektif untuk membangun dan mempertahankan citra sekolah di tengah persaingan yang semakin ketat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aaker. D. (1991). Manajemen Ekuitas Merek, memanfaatkan nilai dari suatu merek,

Abidin, A.R, dkk. (2023). Motivasi Intrinsik

Arikunto, S. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara

Aufa. M. (2019). Motif Memilih Sekolah Islam di Surabaya.

Bayu, K. Dan Habibah, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Sekolah

Terhadap Kepuasan Siswa pada SMK Swastta Kabupaten Subang. Jurnal

Ilmiah Magister Manajemen (Diakses dari jimm.mm.pasca.unikom.ac.id pada 7 Juli 2024)

Gelder, S.V. 2005. Global Brand Strategy. London: Kogan Page, 2005

Guba, E., dan Lincoln, Y. (1987). Competing Paradigms in Qualitative Research.

Ikmal, Novita, dkk. 2020. Strategi Perencanaan di Surabaya dalam Pertumbuhan

Ekonomi melalui Sektor- Sektor Unggulan. Governance: Jurnal Kebijakan

Manajemen Publik. (Diakes dari uwp.ac.id pada 16 Juni 2024)

Kaputa, C. (2010). You are a Branding, Terj: Bunga Putra. Jakarta: Gagas Media

Keller, K.L. (2013). Strategic Brand Management Building, Meansuring dan Managing

Brand Equity. United States of America. British Library Cataloguing in

Publication Data

Moleong,L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Banding: Remaja Rosdakarya

Pambudi, S. 2023. Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terhdapat Keputusan Siswa Memilih SMA Al Hikmah Surabaya. Commercium Vol 6 No 3 Tahun 2023

Prasetyo, B. D dan Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Prespektif

Komunikasi dalam Bisnis. Universitas Brawijaya Press.

Riyono. (2018). Strategi Branding Menuju Sekolah Bermutu: Studi Multisite di SD

Muhammadaiyah 2 Tulangan dan SD Muhammadiyah Bangil. Tesis. (Diakses

dari www.researchgate.net/publication/327417052 pada 7 Juli 2024)

Santosa. N. 2022. Strategi Rebranding Trimurti Senior High School dalam

Meningkatkan Citra Sekolah Modern

Siswono, Tatag. 2017. Pembelajaran Matematika yang Realistik Humanistik

Sujdarwo. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: Mandar Maju. h.25

Suyatno. (2015). Sekolah Islam Terpadu Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal “Al

Qalam”. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta. Vol 21 No 1 Juni 2015

Sholihah, T. (2018). Strategi Manajemen Humas Dalam Menciptakan School

Branding pada Sekolah Islam Terpadu. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan

Islam), 3 (2),72-84. (Diakses dari ejournal.uin-malang.ac.id pada

15 Juni 2024)

Swasty, W. (2016). Branding: Memahami dan Merancang Strategi Merek,

Bandung; Remaja Rosdakarya, 2016) pada 6 Juli 2024)

Wijaya, M. (2013). Promosi, Citra Merek dan Saluran Distribusi Pengaruhnya

Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Terminix di Kota Manado. Jurnal Riset

Ekonomi dan Manajemen Bisnis dan Akuntansi.

Wijaya. Nonaventura Arya. 2010. Strategi Komunikasi Pemasaran dalam

Membentuk Brand Personality (Studi Deskriptif Mengenai Strategi KomunikasiPemasaran PeterSaysDenim dalam Membentuk Brand Personality).

Diterbitkan

2025-01-31

Cara Mengutip

Rahmawati, F. N., & Aji, G. G. (2025). Strategi branding SD Al Hikmah Surabaya Untuk Mempertahankan Citra Sekolah Islam Segmen Atas. The Commercium, 9(1), 447–457. https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.65996

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 118 , PDF Downloads: 182