IMPLEMENTASI KONSEP HOSPITALITY DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DESTINASI WISATA JAWA TIMUR PARK 2

Authors

  • AM Desya Rostyani Universitas Negeri Surabaya
  • Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., M.A Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.67920

Keywords:

implementasi, konsep hospitality, destinasi wisata, jawa timur park 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi konsep hospitality dalam meningkatkan
daya saing destinasi wisata Jawa Timur Park 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa implementasi konsep hospitality di Jawa Timur Park 2 telah berpengaruh positif
terhadap daya saing destinasi wisata, yaitu meningkatkan kepuasan wisatawan, meningkatkan
loyalitas wisatawan, dan meningkatkan daya saing Jawa Timur Park 2.
Penelitian ini juga menemukan bahwa konsep hospitality yang diterapkan di Jawa Timur Park
2 meliputi keramahan, perhatian terhadap detail, personalisasi, empati, dan kualitas pelayanan. Oleh
karena itu, penelitian ini merekomendasikan bahwa Jawa Timur Park 2 perlu terus meningkatkan
kualitas pelayanan dan fasilitas yang ada, mengembangkan program loyalty, dan meningkatkan
promosi dan pemasaran untuk meningkatkan kesadaran dan minat wisatawan.
Penelitian ini memiliki kontribusi teoritis dan praktis, yaitu memberikan kontribusi pada teori
hospitality dan memberikan rekomendasi bagi pengelola destinasi wisata untuk meningkatkan daya
saing. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penelitian lanjutan dan
memberikan manfaat bagi pengembangan destinasi wisata di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, F. (2023). Peran Inovasi dalam Meningkatkan Kinerja Industri Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(03), 150-157.

Achmad, W., & Yulianah, Y. (2022). Corporate social responsibility of the hospitality industry in realizing sustainable tourism development. Enrichment: Journal of Management, 12(2), 1610-1616.

Abdillah, W., Nasution, N., & Fiona, F. (2023). Pelatihan Hospitality Berstandar Bagi Komunitas Kampung Sejahtera Agar Berdaya Saing Global. Jurnal Abdimas Bhakti Mulia, 1(1), 27-32.

Ahmad, U. S. (2022). Implementasi Pariwisata terhadap Perekonomian Indonesia. Al-DYAS, 1(1), 81-96.

Adelia Parasmaya, (2023) Aktivitas marketing public relations jatimpark 2 pada masa pandemi covid-19

Namasasu dan Purnamasari (2020) Peran hospitality dalam menciptakan pengalaman wisata di bali

Siti Lestari (2019) Implementasi Konsep Hospitality dalam Industri Pariwisata

Wahyuni, D. (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Hospitality terhadap Kepuasan Wisatawan di Objek Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta

Rina Sari (2021) Analisis peran manajemen Hospitality dalam meningkatkan Daya Saing Taman Safari Prigen

Kotler, Philip. (1996). Manajemen Pemasaran : Maketing Management 9e. Jakarta : PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip & Armstrong, Garry. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran : Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Luik, Jandy Edipson. (2020). Media Baru : Sebuah Pengantar. Jakarta : Prenada Media Group.

Maarif, Samsul. (24 November 2022). Jatim Park 2, Wahana Bermain Dengan Paket Komplit. NativeIndonesia.com. Diakses pada 2 Maret 2022 dari

McQuail, Dennis. (1987). Mass Communication Theory (Teori Komunikasi Massa). Jakarta: Erlangga.

Mulyana, Deddy. (2008). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Safitasari, C. dan Maftukhah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Promosi dan Citra Destinasi terhadap Kepuasan Melalui Keputusan Pengunjung. Management Analysis Journal. 6(3).

Priyanto, Rizky., Widiartanto., dan Listyorini, Sari. (2015). Pengaruh Produk Wisata, Destination Image, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis. 11-23.

Mardiyani, Yuyun dan Murwatiningsih. (2015). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Melalui Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Objek Wisata Kota Semarang. Management Analysis Journal. 1.

Handoko, S. (2013). Pengaruh lokasi dan Harga terhadap Kepuasan melalui Keputusan Berkunjung. Jurnal Bisnis. 11-23.

Ni Putu Fransiska Dewi, Ni Made Ariani, I Nyoman Jamin Ariana. (2024). Factor penentu motivasi wisatawan melakukan wisata kuliner local di desa ubud.

Diana Kartika (2024) Penguatan Hospitalitydan Interpretasi Daya Tarik Wisata Berbasis Sport Edutourism di Objek Wisata

ansakar, P., Munir, A., & Shabani, N. (2017). Technology in hospitality industry: Prospects and challenges. Journal of Tourism & Hospitality,

Pike, S., & Page, S. J. (2014). Destination marketing organizations and destination marketing: A narrative analysis of the literature. Tourism Management, 41, 202–227.

Stepchenkova, S., & Mills, J. E. (2010). Destination image: A meta-analysis of 2000–2007 research. Journal of Hospitality Marketing & Management, 19(6), 575–609.

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Rostyani, A. D., & Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., M.A. (2025). IMPLEMENTASI KONSEP HOSPITALITY DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DESTINASI WISATA JAWA TIMUR PARK 2. The Commercium, 9(3), 48–64. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.67920
Abstract views: 24 , PDF Downloads: 31