PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN LAZIZA
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.68150Kata Kunci:
media sosial, instagram, pemasaran digital, perilaku konsumen, promosi bisnisAbstrak
Media sosial telah menjadi pilar utama dalam penyampaian informasi dan komunikasi di era digital saat ini, terutama dalam konteks bisnis, serta memberikan peluang besar bagi pelaku usaha untuk mempromosikan produk, berinteraksi dengan pelanggan, dan membangun reputasi merek. Studi ini bertujuan untuk mengetahui tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial marketing instagram terhadap keputusan pembelian produk makanan Laziza terhadap pengikut akun instagram Laziza. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah followers instagram @id.lazizaa. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 400 orang. Data ini diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada pengikut akun sosial media marketing Instagram Laziza. Penelitian ini menggunakan variabel x yaitu Content Creation, Content Sharing, Connection, Community Building. Dan variabel y yaitu Problem Recognition, Information Search, Evolution Of Alternatives, Purchase Decision, Purchase Behavior. Hasil penelitian menunjukkan sosial media marketing Instagram berpengaruh pada keputusan pembelian produk makanan Lazizaa. Semakin tinggi nilai pengaruh sosial media marketing maka semakin tinggi juga konsumen yang memutuskan untuk membeli produk makanan Lazizaa.
Unduhan
Referensi
Adhitama, Y. N. (2019). Efektivitas Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Guna Meningkatkan Pembelian. Jurnal Ilmu Sosial, 3: (2), 1-10.
Alfajri, M. F. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8: (1). 41-51.
Abdullah, O. H. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee di Kota Bandung. Jurnal Bisnis dan Manajemen. 2: (1), 1-8.
.APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. (2024, Februari 07). Retrieved from APBJII: https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Aziz, A. M. (2018). Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram dan Pengaruhnya Terhadap Business Performance Satisfaction: (Studi Pada Pengusaha Kuliner Di Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2: (11), 5708-5717.
Damayanti, S. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Instagram dan Preferensi Merk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Starbuck Tangcity Mall Kota Tangerang. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin, 4: (1), 1-15.
Dwianto, A. G. (2018). Analisis Dampak Pemasaran Di Media Sosial Online Terhadap Citra Merek, Minat Beli Konsumen, Dan Net Promoter Score (Pendekatan Eksperimental Virtual Brand Following pada aplikasi Instagram produk Fast Moving Consumer Goods @erigostore pada Mahasiswa S1. Jurnal Administrasi Bisnis, 55: (1), 91-99.
Eka, C. F. (2021). Pengaruh Tipe Post, Waktu Post, Testimoni Dan Followers Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1: (1), 91-100.
Fadli, I. (2020). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Orientasi Belanja Terhadap Intensi Belanja Online.
Faisal Padang, A. H. (2021). Penerapan Strategi City Branding dalam Mewujudkan. Jurnal Common, 5: (2), 165-177.
Fauzy, A. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Klien PT. Indonesia5. JURIHUM : Jurnal Inovasi Dan Humaniora, 1(6). https://jurnalmahasiswa.com/index.php/jurihum
Hartono, R. A. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Sosial Media (Instagram) dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Mbok Taya. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen., 9: (3), 1 – 18.
Haryani, D. S. (2021). Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pada UMKM Chacha Flowers. Jurnal Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang, 4: (1), 12-20.
Holsapple, C. P. (2014). Business Social Media Analytics : Definition, Benefit. and Challenges. Jurnal Sosial Media Analytics, 1-12.
Irma, A. (2017). Peran Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Bisnis Online: (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Bisnis Online Beautyhomeshop). Jurnal Online Kinesik, 4: (2), 1-12.
Jati, W. &. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Konsumen: (Studi Kasus pada Toko Onlen Shop Azzam Store). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1: (1), 127-138.
Kadata. (2024, Februari 27). Ada 185 Juta Pengguna Internet di Indonesia pada Januari 2024. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/27/ada-185-juta-pengguna-internet-di-indonesia-pada-januari-2024
Kemp. (2021, Februari 11). Digital 2021: Indonesia. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
Kurniasari, M. &. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J. Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7: (3), 152-159.
Lubis, A. R. H., & Hidayat, R. (2023). Pengaruh Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Citra Merek. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(4), 1213–1219. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i4.3210
Narottama, N. &. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner di Kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata, 8: (2), 741-773.
Narullah, A. F. (2022). Efektivitas Promosi Online Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Akun @Goodstore.Magelang. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media Sosial, 2: (3), 376-380.
Navyani Ainul Husnah, E. Y. (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Informasi PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk : Analisis Deskriptif Terhadap Akun @Alfamartgemarbudaya. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10: (1), 54-63.
Niko Simorangkir, H., Maulana, A., Miftakhul Amin, M., Yusuf, A., Kencana No, Jls., & Tangerang Selatan -Banten, P. (2022). JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Minat Pembelian Produk Nabeezku ARTICLES INFORMATION ABSTRACT JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA. Maret, 5(2), 190–199
Nursiti dan Giovenna, A. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Uniqlo. Jurnal Industri , 5: (1), 1 – 11.
Putri, A. E. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada E-Commerce Pertanian Sayurbox (Studi Kasus Pada PT. Kreasi Nostra Mandiri Di Jakarta). Skripsi: Universitas Hasanudin.
Ramadhani, H. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram . Proceeding of Management, 7: (1), 1768-1776.
Reyvaldi, D. H., & Oktini, D. R. (2020). Prosiding Manajemen Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen 372 Kopi.
Saputra, F. &. (2020). Pandemi Virus Corona Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Emas PT. UBS di Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi Manajemen, 5: (2), 67-82.
Saputra, I. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram @Yesterday957 Terhadap Minat Beli Konsumen The Effectiveness Of Using Instagram Social Media @Yesterday957 On Consumer Purchase Interest. e-Proceedings of Management, 10: (1), 1-5.
Satriyo, B. I. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, E-Service Quality, dan Review Content terhadap Minat Beli pada UMKM Produk Organik. Jurnal Ilmu Manajemen, 9: (4), 1563-1571.
Sibarani, M. A. (2022). Analisis Pemanfaatan Sosial Media Instagram MonsterAR Dalam Strategi Pemasaran. Jurnal Penelitian, 7: (4), 343-352.
Sintesa, N. I. (2022). Pengaruh Promosi dan Distribusi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Restoran Cepat Saji: (Mc Donald, KFC, dan Pizza Hut). e-proceeding of LP3I National Conference of Vocational Business and Technology, 18-33.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 4:(1), 38-51.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitiati, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Supratman, L. (2018). Penggunaan Media Sosial Oleh Digital Native . Jurnal Ilmu Komunikasi, 15: (1), 47-60.
Suryawijaya, H. &. (2021). Pengaruh Daya Tarik Iklan di Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Konsumen: (Survei Terhadap Produk Sepatu Brodo di Kalangan Anak Muda Jakarta Barat). Jurnal Prologia, 5: (1), 1-7.
Wetsa, H. C. (2023). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus Pada Media Sosial Instagram 3Second. . Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah, 5: (3), 1 – 11.
Widoyoko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

